Video - ANTARA News bogor

El Nino, ancaman kerawanan pangan dan gizi meluas

Terdapat 74 kabupaten/kota di Indonesia pada tahun 2022 yang rentan kerawanan pangan dan gizi. Dengan perkiraan adanya el nino atau pemanasan suhu muka laut di Samudera Pasifik yang membuat musim kemarau panjang pada tahun ini bakal membuat kerawanan pangan dan gizi makin meluas. 

Untuk mengantisipasi itu, Badan Pangan Nasional membangun sistem peringatan dini kerawanan pangan dan gizi, dengan seluruh instansi terkait dan 514 kabupaten/kota di Indonesia, agar penangananan masalah tersebut cepat dan tepat. 

"Kita harus memiliki sistem peringatan dini untuk kerawanan pangan dan gizi. Ini penting terutama karena kita menghadapi ancaman El Nino. Jadi setiap daerah harus waspada dan melakukan mitigasi kerawanan pangan dan gizi di wilayah masing-masing." ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi pada Pertemuan Penguatan Analisis Sistem Peringatan Dini Kerawanan Pangan dan Gizi (SKPG), di Kota Bogor, Kamis, 20 Juli 2023. 

Dalam menghadapi el nino yang menyebabkan kekeringan panjang di daerah produsen, perlu membangun sinergitas yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, serta pemangku kepentingan terkait.
(Antara TV Megapolitan/Linna Susanti/M Husen/Budi Setiawanto)