Video - ANTARA News bogor

Kepala Staf TNI AU resmikan Skadron Pendidikan Siber

Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono meresmikan Skadron Pendidikan atau Skadik 506 di Wing Pendidikan 500/Umum TNI AU, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis 10 Oktober 2024, sebagai tempat pendidikan siber prajuritTNI AU.

"Skadik 506 ini akan melaksanakan pendidikan siber, sementara untuk prajurit-prajurit Angkatan Udara sehingga memiliki kemampuan siber dan IT yang andal," kata Tonny.

Kepala Staf TNI AU menjelaskan, Skadik 506 melaksanakan pendidikan IT dan siber dengan dilengkapi berbagai fasilitas, salah satunya laboratorium siber yang bisa digunakan oleh siswa dalam melaksanakan simulasi siber defence hingga siber attack.

Skadik 506 juga bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam sertifikasi kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas baik sebagai ahli siber maupun ahli IT.

Saat ini, Skadik 506 telah menggelar pendidikan terhadap dua angkatan, masing-masing angkatan terdiri dari 10 siswa TNI AU, satu angkatan telah selesai melalui proses pendidikan, dan satu angkatan lainnya masih berjalan.

(Antara TV Megapolitan/M Fikri Setiawan/Mutia Mellani/ Budi Setiawanto