Video - ANTARA News bogor

Kekeringan di Bekasi, Pemkab kirim 130 ribu liter air bersih

Sebanyak 130.000 liter air bersih disalurkan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat untuk menangani kekeringan di wilayah Kecamatan Cibarusah sebagai solusi jangka pendek mengatasi dampak El Nino. 

"Yang paling utama memang bagaimana ketersediaan air untuk warga karena wilayah yang terparah kan ada di tiga desa ini. Maka langsung 20 truk diterjunkan buat kirim air, totalnya 130.000 liter," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat memimpin pengiriman air di Desa Ridhogalih Kecamatan Cibarusah, Jumat, 1 September 2023. 

Ketiga desa itu antara lain Ridhogalih, Ridhomanah, dan Sirnajati. Ribuan warga di tiga desa ini terkena dampak terparah akibat kekeringan yang terjadi. Dia mengatakan pengiriman air sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. 

Setelah mendapat laporan kekeringan dari warga, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi langsung menerjunkan petugas untuk mengirimkan air.

Dalam kesempatan peluncuran bantuan masif di masa tanggap bencana kekeringan Kabupaten Bekasi ini, turut diserahkan 300 jerigen air berkapasitas 20 liter oleh BPBD serta 50 jerigen dari Forum Pengurangan Risiko Bencana.

(Antara TV Megapolitan/Pradita Kurniawan Syah/Mutia Mellani/Budi Setiawanto