Video - ANTARA News bogor

Guru honorer Bogor bentuk Guru Merdeka Profesional

Sekitar seratusan guru honorer di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu 8 Juli 2023, menggelar seminar dan meluncurkan Forum Guru Merdeka Profesional (GM Pro). Acara juga dihadiri anaggota DPRD Kabupaten Bogor Dadeng Wahyudi selaku Dewan Penasihat GM Pro dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Hartono Anwar. 

Dadeng menyebutkan bahwa di daerahnya masih ada sekitar 1.000 guru berstatus honorer yang mengajar di sekolah negeri. GM Pro, juga akan menjadi wadah untuk pengembangan kualitas para guru honorer agar bisa lolos passing grade dan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Sementara, Hartono Anwar di tempat yang sama berharap tahun ini mereka bisa mengikuti tes yang regulasinya ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi PPPK. "Mudah mudahan di tahun ini mereka bisa mengikuti tes dan segera diangkat menjadi PPPK," kata Hartono. 

Tahun ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 2.909 formasi PPPK jabatan fungsional guru untuk diangkat tahun 2024. 

(Antara TV Megapolitan/M Fikri Setiawan/M Husen/Budi Setiawanto)