Video - ANTARA News bogor

Kristen Muhammadiyah, ini cerita penulisnya

Universitas Muhammadiyah Sukabumi pada Kamis 15 Juni 2023 menggelar bedah buku "Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama Dalam Pendidikan". 

Buku ini ditulis oleh Abdul Muti dan Fajar Riza Ul Haq. Buku Kristen Muhammadiyah merupakan hasil penelitian Fajar pada tahun 2008 di sejumlah wilayah di Indonesia timur. 

Buku ini menceritakan kiprah sekolah-sekolah Muhammadiyah di daerah minoritas Muslim. Ternyata keberadaan sekolah Muhammadiyah, baik tingkat SD, SP hingga SMA ikut berperan memajukan dunia pendidikan di daerah terdepan terluar dan tertinggal (3T. 

Bedah buku ini bertujuan untuk membedah isi dan makna dari buku tersebut yang tengah viral dan menjadi polemik di masyarakat. 

"Sebenarnya buku yang ditulis saya ini sudah diterbitkan sejak 2009 lalu, tapi peredarannya terbatas. Namun, pada Mei 2023 ini saya menggandeng Kompas sebagai penerbit ternyata animo masyarakat untuk membeli dan penasaran terhadap buku ini meningkat bahkan menjadi best seller," kata penulis buku Kristen Muhammadiyah Fajar Riza Ul Haq.