Minggu, 22 Oktober 2017

Polres Sukabumi Perketat Penjagaan Rumah Kosong

id pengamanan, penjagaan, Rumah Kosong, mudik, lebaran, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, patroli, tamu wajib lapor 1x24 jam, aksi kriminalitas
Polres Sukabumi Perketat Penjagaan Rumah Kosong
Persiapan pengamanan lebaran di Kota Sukabumi, Jawa Barat. (Foto Antara/ Aditya A Rohman).
Kami sudah memetakan permukiman mana saja yang akan banyak ditinggal mudik penghuninya salah satunya perumahan.
Sukabumi (Antara Megapolitan) -Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat, memperketat penjagaan terhadap rumah yang di tinggal mudik penghuninya saat Lebaran.

"Kami sudah memetakan permukiman mana saja yang akan banyak ditinggal mudik penghuninya salah satunya perumahan," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur di Sukabumi, Senin.

Dari hasil pemetaan tersebut di mana area perumahan setiap tahunnya selalu banyak rumah yang ditinggal mudik pemiliknya karena kebanyakan warga pendatang yang menghuni permukiman tersebut.

Maka dari itu, untuk antisipasi terjadinya aksi pencurian atau pembobolan terhadap rumah-rumah yang ditinggal mudik tersebut pihaknya sudah menugaskan anggotanya baik yang bertugas di tingkat polres maupun polsek untuk meningkatkan keamanan.

Pengamanan tersebut seperti meningkatkan patroli dan memantau secara rutin kondisi rumah yang sudah ditinggalkan pemiliknya untuk mudik. Selain itu, berkoordinasi dengan sesepuh, satpam maupun pengurus RT dan RW setempat untuk pengamanan.

Lanjut dia, petugas keamanan (satpam) ataupun yang dipercaya masyarakat juga harus rutin berkoordinasi dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri seperti melaporkan berapa jumlah rumah yang ditinggal mudik dan kondisi keamanan wilayahnya.

"Koordinasi harus terjalin dengan baik ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas dengan sasaran rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya," tambahnya.

Di sisi lain, Rustam mengatakan masyarakat yang tidak mudik agar meningkatkan kembali ronda malam serta tamu wajib lapor 1x24 jam. Jika menemukan adanya hal yang mencurigakan agar segera melapor kepada anggota Polri terdekat untuk segera ditindak lanjuti.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga