Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) pada Kamis (26/4) di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Andi Hakim Nasoetion Darmaga Bogor. Keduanya sepakat untuk bekerjasama dalam memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan kapasitas masyarakat dalam bidang perikanan. 

Penandatangan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB, Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc, jajaran dari Perum Perindo, dosen dan peneliti di lingkungan IPB.

Dalam sambutannya Dr. Arif Satria mengatakan menjalin kerjasama dengan Perum Perindo, sebuah perusahaan  pelayanan barang jasa pengembangan sistem konsep jejaring perikanan merupakan keuntungan besar bagi pergurauan tinggi manapun termasuk IPB. IPB berusaha untuk bisa terus menjalin sinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang perikanan dalam hal ini Perum Perindo, dan terus memperkuat tali kolaborasi dengan institusi IPB khususnya FPIK IPB. 

“Kerjasama ini merupakan tanggungjawab dan konsekuensi penting dari kepercayaan yang sudah ditanamkan, dan akan memacu kreativitas untuk mempengaruhi produk yang dihasilkan dengan baik. Peranan IPB dalam menghasilkan inovasi semakin nyata, dan reputasi IPB semakin baik dalam kancah nasional maupun internasional. IPB siap untuk membantu Perum Perindo dalam pembangunan dan pengembangan pabrik pakan ikan dengan penyedian tenaga yang terampil di bidangnya. IPB juga siap menerjunkan sumberdaya manusia sarjana baru dan mahasiswa untuk mendukung  Perum Perindo dalam hal pembuatan pakan ikan tersebut,” ujarnya.

Rektor juga berharap Perum Perindo mau menerima para lulusan IPB atau mahasiswa IPB untuk bekerja dan magang dalam penyedian tenaga ahli untuk pendidikan dan pelatihan bidang perikanan, dan pertukaran data dan informasi mengenai bidang perikanan.

Sementara itu Direktur Perum Perindo, Risyanto Suanda menyampaikan Perum Perindo diberi tugas dan tanggung jawab oleh Kementerian BUMN dalam rangka mengelola aset negara guna menyelenggarakan pengusahaan dan pelayanan barang jasa dan pengembangan sistem bisnis perikanan. Hubungan Perum Perindo dan IPB sudah terjalin dengan baik.

“Banyak lulusan IPB yang bekerja di Perum Perindo. Jadi saya sangat yakin IPB dapat membantu untuk menerjunkan para peneliti dan mahasiwa untuk membantu  pembuatan dan pengembangan pabrik pakan ikan. Perum Perindo terus mempertimbangkan rencana strategis pembangunan kelautan dan perikanan. Untuk itu diperlukan langkah-langkah terobosan yang menjadi bagian kebijakan sebelumnya dan terintegrasi yang saling memperkuat guna menuju perusahaan perikanan yang tangguh, terpercaya dan penggerak pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu Perum Perindo akan melakukan investasi dan mengembangkan bidang perikanan dalam arti luas. Harapannya hal ini dapat meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan daya saing, sekaligus membangun sistem produksi yang modern dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. 

“Untuk itu, Perum Perindo siap merekrut para mahasiswa IPB untuk magang dan bekerja bagi yang sudah jadi sarjana,” tuturnya.
 
Bagi IPB, kerja sama ini merupakan suatu bukti nyata peran serta dalam membantu pembangunan nasional di semua lini termasuk kerjasama dengan Perum Perindo. (Awl/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018