Bogor (Antaranews Megapolitan) - Unit Keamanan Kampus (UKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar rapat koordinasi dan pengenalan pimpinan baru UKK IPB di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga (4/4). Pimpinan UKK IPB yang terdahulu yakni Toto Mustopa, S.IP, M.Si sekarang  digantikan oleh pimpinan baru UKK IPB periode 2018-2023 yakni Sutopo, SE, MM. Ada sekitar 175 anggota UKK IPB yang hadir.

Kepala UKK, Sutopo memberikan arahan kepada anggota UKK agar lebih disiplin dalam menjalankan tugas. Menurutnya seorang petugas keamanan atau UKK yang profesional wajib memahami tugas pokok, fungsi dan peranannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Termasuk disiplin apel pagi masuk kerja yang diubah dari masuk jam 07.00 WIB pagi dan pulang jam 19.00 WIB. Sekarang diubah masuk jam 08.00 WIB dan pulang jam 20.00 WIB. Tujuannya agar lebih tertib dalam menjalankan tugas sebagai keamanan kampus,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan jumlah anggota PNS sebanyak 114 orang dan anggota yang non PNS sebanyak 195 orang, UKK siap bertugas melindungi aset IPB dan warga di lingkungan kampus IPB dari berbagai tindak kejahatan.

“Dengan tingkat visibilitas yang tinggi diharapkan mampu mencegah aksi kejahatan dan aktivitas lainnya yang tidak wajar. Misalnya kebakaran maupun gangguan keamanan lainnya di lingkungan kerja. Bentuk pengamanannya bisa dengan mengamati secara langsung atau berpatroli untuk kemudian mengambil tindakan dan melaporkan setiap kejadian kepada pimpinan. UKK memainkan peranan yang penting dalam hal perlindungan dan pengamanan ketertiban di dalam kampus agar tercipta iklim yang kondusif,” ujarnya.

Harapan dan target ke depannya adalah ada pelatihan dan peningkatan pendidikan untuk semua anggota UKK IPB. Semua anggota harus mengikuti pelatihan agar lebih terampil dan siap siaga.

“Sehingga dalam keadaan apapun dapat dengan tenang mengendalikan hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Toto Mustopa sebagai pimpinan UKK IPB yang terdahulu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota UKK atas kerjasama yang baik selama ini. Harapannya ke depan UKK IPB terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik.

“Saya yakin semua anggota UKK IPB orang yang terpilih untuk mengamankan kampus IPB dengan baik dan penuh tanggung jawab. Mari kita selalu bekerjasama untuk keamanan dan ketertiban kampus IPB,” imbuhnya,

Menurutnya ada tiga hal yang menjadi faktor dasar pembentukan satpam atau UKK yang baik dan terampil, yakni perilaku (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Ketiga faktor tersebut harus dimiliki setiap petugas UKK. (Awl/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018