Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyalurkan bantuan alat kepada ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Karawang.

"Kami terus menyalurkan bantuan sebagai dukungan terhadap pengembangan UMKM," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang Didin Rachmadhy, di Karawang, Jumat.

Untuk kegiatan penyaluran bantuan kali ini, katanya, ada 220 pelaku UMKM yang akan mendapatkannya.

Baca juga: Kemenag Karawang target fasilitasi penerbitan seribu sertifikat halal untuk pelaku UMKM
Baca juga: Kemenag Karawang fasilitasi penerbitan 956 sertifikat produk halal untuk UMKM

Menurut dia, bantuan alat tersebut khusus diberikan kepada para pelaku UMKM yang sudah berwirausaha selama dua tahun.

"Ya tujuannya, kami ingin mendorong para wirausaha baru agar dapat berkembang dan meningkatkan produktivitasnya,” kata dia.

Rencananya penyaluran bantuan alat kepada para pelaku UMKM tersebut akan direalisasikan pada Oktober-November 2024.

"Sekarang masih persiapan untuk pengadaan barang. Jadi pendistribusiannya baru akan dilaksanakan pada akhir Oktober atau awal November nanti," katanya.

Baca juga: Enam produk UMKM Karawang lolos kurasi potensi ekspor

Sebanyak 220 pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan alat tersebut sebelumnya telah mengajukan proposal ke Dinas dan UKM Karawang sejak tahun lalu.

Di antara alat yang akan disalurkan kepada para pelaku UMKM itu di antaranya alat bagi pelaku UMKM yang bergerak di sektor konveksi, tata boga, warung, pedagang keliling, perangkat salon, bengkel servis AC dan lain-lain.

Didin menyebutkan, sebagai upaya pengembangan UMKM di Karawang, pihaknya juga rutin menggelar pelatihan dan inkubasi bisnis kepada para pelaku UMKM. Bahkan, pihaknya juga memfasilitasi penerbitan sertifikat halal bagi para pelaku UMKM di Karawang.

Fasilitasi penerbitan sertifikat halal itu dilakukan atas kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Karawang. Sehingga sertifikat halal bagi para pelaku UMKM itu diberikan secara gratis. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024