• Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba perahu naga di sungai Martapura, untuk menghidupkan olahraga dayung sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata.
 
"Sungai Martapura merupakan ikon pariwisata Kota Banjarmasin, demikian juga budayanya," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina usai membuka lomba perahu naga tersebut di Banjarmasin, Kamis.
 
Menurut dia, lomba perahu naga atau dragon boat Wali Kota Cup 2024 tersebut diikuti 10 tim.

Baca juga: Kalsel tingkatkan kompetensi Pokdarwis melalui program pelatihan
 
"Diikuti atlet-atlet yang bisa mengharumkan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bahkan di tingkat nasional dan internasional," ujarnya.
 
Ibnu Sina menyampaikan sebagai kota yang dikenal dengan julukan "Kota Seribu Sungai", Banjarmasin terus mengembangkan potensi sungainya sebagai destinasi wisata dan sarana olahraga.
 
Ibnu Sina menekankan kegiatan di sungai tersebut merupakan bagian dari tradisi dan kebanggaan masyarakat Banjarmasin.
 
"Banjarmasin dengan water front city-nya sebagai penanda depan kota, sungainya bisa dipakai untuk atraksi wisata maupun olahraga," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Tapin rancang strategi pembangunan pariwisata alam Pegunungan Meratus
 
Ibnu Sina mengungkapkan lomba perahu naga ini juga menjadi bagian dari kerja sama antara Pemkot Banjarmasin dan salah satu production house, yakni "The Hype Entertainment" yang sedang memproduksi film berjudul "Kuyank". Film tersebut mengambil beberapa lokasi syuting di Banjarmasin.
 
"Sehingga, nanti kegiatan ini juga masuk dalam film tersebut," ujarnya.
 
Para aktor dan aktris film tersebut juga hadir dalam acara tersebut, sebagai bagian dari upaya membangun ekosistem ekonomi kreatif di Banjarmasin.

Baca juga: Menyapa Desa Belangian Kalsel jadi situs Geopark Nasional
 
Ibnu Sina menambahkan bahwa kehadiran industri film itu semakin memperkuat posisi Banjarmasin sebagai kota yang mendukung penuh para pelaku ekonomi kreatif, terutama di sektor perfilman.
 
"Jadi, setelah film berjudul Jendela Seribu Sungai ada film lagi nantinya, ini promosi yang sangat bagus bagi pariwisata Kota Banjarmasin," tuturnya.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024