Ketua DPRD Kabupaten Bogor Jawa Barat Rudy Susmanto menyatakan perlu upaya yang terintegrasi antara-perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam program pembinaan UMKM.

Rudy di Cibinong, Jumat, mengungkapkan langkah mengintegrasikan program satu dinas dengan dinas lainnya akan membuat target sasaran pembangunan yang didanai APBD lebih efektif dan tepat sasaran.

"Misalkan pelaku UMKM diberikan pelatihan oleh Dinas UMKM nah dinas lainnya yang berkaitan menyambutnya dengan program permodalan dan pemasaran produk-produk para pelaku UMKM ini," katanya.

Ia juga meminta agar pengkategorian pelaku usaha dilakukan lebih tegas. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa mengambil porsi untuk pelaku usaha ekonomi kreatif, dan dinas perindustrian bisa lebih menekankan pada pembinaan usaha yang sudah mulai mengarah skala industri.

Dengan pembagian kriteria yang jelas, program pembinaan tidak lagi mengalami tumpang tindih dan bisa lebih luas dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Mulai ini dan ke depan langkah ini harus kita jalankan agar hasilnya bisa lebih maksimal," katanya.

Rudy menambahkan perhatian pemerintah terhadap pengembangan sektor usaha yang dijalankan masyarakat pada gilirannya akan memberi kontribusi bagi pendapatan daerah.

Tidak bisa dipungkiri, kata Rudy, sektor usaha merupakan bagian penting dalam menggerakkan roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja.

"UMKM sudah terbukti menopang perekonomian daerah, bahkan di saat pandemi Covid-19 lalu," ujar Rudy.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024