Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjamin layanan kesehatan tetap buka secara optimal selama libur Lebaran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ichwansyah Gani di Cibinong, Rabu, mengungkapkan pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Bogor telah berkomitmen untuk mempermudah akses kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama periode cuti bersama pada 8-15 April 2024.

"Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan," ungkapnya.

Ichwansyah menjelaskan prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian, kata dia, peserta yang berada di luar wilayah tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdaftar, tetap dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Depok tetap buka selama cuti bersama dan libur Lebaran
Baca juga: Pemkot Depok terapkan berobat pakai KTP sejak 1 Desember 2023

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08:00 hingga 12:00 waktu setempat," ujarnya.

Bagi peserta JKN yang mengakses layanan nontatap muka melalui pelayanan administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), dapat dilayani dari pukul 08:00 sampai 12:00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan.

"Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," tuturnya.

BPJS Kesehatan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, yakni posko mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024.

Baca juga: BPJS Kesehatan Depok buka loket layanan informasi dan POROS di RSUD Depok

Lokasi posko mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207 A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan," ujar Ichwansyah.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dyon Rivardin Iskandar menjelaskan pelayanan kesehatan selama libur lebaran sudah menjadi kegiatan rutin tahunan.

“Kami juga mempersiapkan banyak hal termasuk Public Safety Center (PSC) atau layanan telepon darurat 119 untuk masalah kesehatan, yang selalu siaga selama 24 jam,” kata Dyon.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024