Ratusan guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan guru Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menerima dana insentif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati di Purwakarta, Rabu, mengatakanpada bulan Ramadhan ini pihaknya menyalurkan dana insentif kepada 600 guru DTA dan TPQ.

Rinciannya adalah 455 guru DTA yang masing-masing menerima insentif sebesar Rp600 ribu dan sebanyak 150 guru TPQ dengan dana insenstif Rp400 ribu.

Baca juga: Dana bagi hasil pajak Purwakarta diprioritaskan untuk internet desa

Ia menyampaikan pada bulan suci Ramadhan 1443 H ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Baznas Purwakarta. Di antaranya ialah penyaluran dana insentif untuk guru DTA dan TPQ, pendistribusian 1.300 paket sembako untuk para dhuafa, serta tebar 2022 Al-Quran,

"Total anggaran yang telah didistribusikan lebih dari Rp1 miliar. Selan itu pada Ramadan ini Baznas Purwakarta juga setiap hari melaksanakan pelayanan pendistribusian bantuan untuk para penerima zakat," kata Rika.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan penyaluran bantuan insentif bagi para guru DTA dan TPQ.

Baca juga: Pemkab Purwakarta cairkan anggaran DAK 2021 untuk perbaikan 643 rumah tak layak huni

Diharapkan program ini dapat terus ditingkatkan dengan kerja sama seluruh pihak di Purwakarta.

"Hal ini menjadi catatan penting bagi Baznas dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam rangka membangun komitmen dan kerja sama mentransformasikan perjuangan guru-guru yang telah mendarma-baktikan dirinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya bagi guru-guru yang memberikan pengajaran tentang baca tulis dan pemahaman Al Quran dalam rangka membentengi akhlak generasi yang akan datang," kata Anne.

Baca juga: Kemendes Serap Keberhasilan Kebijakan Desa Budaya Purwakarta

Ia mengatakan, dirinya bersama seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta akan terus berupaya untuk meningkatkan perolehan zakat dari pegawai, sesuai dengan semangat pemberdayaan dan pendistribusian dalam rangka meningkatkan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Purwakarta. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022