Jakarta, (Antara Megapolitan) - Universitas Indonesia meluncurkan `website` dan `mobile application` atau aplikasi untuk smartphone Sahabat Makara, untuk mendukung Program Dana Abadi UI.

"Sahabat Makara memberikan kemudahan bagi alumni UI maupun masyarakat umum untuk dapat berpartisipasi mendukung kegiatan pengajaran di UI sebagai donatur," kata Rektor UI, Muhammad Anis, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan melalui Sahabat Makara diharapkan dapat tercipta komunikasi dua arah yang transparan, efektif, dan efisien antara donatur dengan pihak pengelola Program Dana Abadi UI dan tersaji laporan pertanggungjawaban yang akuntabel.

Rektor juga mengajak kepada seluruh alumni dan para sahabat, beserta orang tua mahasiswa, tokoh masyarakat/pengusaha simpatisan UI, perusahaan atau institusi dalam negeri serta donatur luar negeri untuk peduli terhadap kelangsungan proses pendidikan UI yang mengedepankan pendidikan yang berkeadilan dan berkualitas, dengan berpartisipasi dalam program Dana Abadi UI.

Anis berharap donasi dari seluruh lapisan masyarakat mampu mewujudkan visi UI menjadi universitas yang mandiri dan unggul, menghasilkan para pemimpin bangsa yang bermartabat, serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, menuju unggulan di Asia dan dunia.

Program Dana Abadi UI adalah dana yang dihimpun dan disimpan selamanya, dengan hasil investasinya akan dikelola untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi serta meningkatkan kualitas seluruh elemen di UI sesuai dengan tujuan program yang bersinergi dengan nilai luhur universitas "Menuju Guru Bangsa".

Dana Abadi UI memiliki prinsip kesukarelaan dan tidak membebani. Hasil investasi Dana Abadi UI akan disalurkan antara lain untuk beasiswa, riset, perbaikan fasilitas perpustakaan, laboratorium.

Selain itu juga peningkatan keamanan dan kelestarian lingkungan kampus, serta program pengabdian pada masyarakat dan professorship.

Terdapat dua jenis Program Dana Abadi UI, meliputi Program Dana Abadi UI Terpadu, dan Program Rp100.000 untuk UI Hebat.

Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Rifelly Dewi Astuti menjelaskan, peluncuran website dan aplikasi tersebut dilakukan pada acara Malam Apresiasi Dukungan Dana Abadi UI yang dihadiri sejumlah menteri dan tokoh nasional.

Ia menyebutkan, Website Sahabat Makara dapat diakses pada laman: www.sahabatmakara.ui.ac.id, sedangkan mobile application dapat diunduh melalui App Store atau Playstore dan digunakan pada platform iOS dan android.

Menurut dia, Dana Abadi UI Terpadu adalah dana yang dikumpulkan dari masyarakat yang bekerjasama dengan seluruh fakultas yang ada di UI.

Donasi dapat berupa dana tunai, wakaf, titipan maupun investasi yang akan dikelola oleh tim Dana Abadi UI yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sedangkan Program Rp100.000 untuk UI Hebat merupakan program pengumpulan dana dengan sasaran yang lebih luas, karena siapa pun bisa berkontribusi dengan mendonasikan sejumlah dana.

Diharapkan dengan program ini, tumbuh budaya give-back tidak hanya dari alumni kepada almamater, tetapi juga masyarakat luas yang peduli pada pengembangan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.***4***



Budisantoso Budiman

(T.F006/B/B014/B014) 22-10-2015 20:45:37

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015