Video - ANTARA News bogor

Korps Brimob ziarah ke makam Hoegeng

Korps Brimob Polri berziarah ke makam Kapolri periode 1968-1971 Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso di Taman Makam Giri Tama, Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 Juni 2023. 

Ziarah tersebet sebagai rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli mendatang. "Hari ini kami melaksanakan ziarah di beberapa makam para mantan Kapolri, salah satunya Pak Hoegeng, Kapolri ke-5. Kebetulan saya sebagai inspektur upacara,” kata Kakorsabhara Polri, Irjen Pol Priyo Widyanto usai ziarah.

Menurut dia, tidak ada yang tidak mengenal sosok Jenderal Hoegeng. Karena, sosok Kapolri ini, memiliki integritas yang tidak perlu diragukan lagi pada masanya. 

“Beliau dikenal dengan polisi yang jujur, bersih dan berani. Bahkan, bukan saja pada saat beliau menjabat sebagai Kapolri, banyak jabatan-jabatan di pemerintahan sebelum beliau yang menjadi Kapolri yang dilalui dengan style yang sama. 

Beliau pernah menjadi menteri sekretaris kabinet, menteri iuran negara, pernah menjadi kepala jabatan imigrasi. Kita berharap, di institusi kepolisian ini kelak suatu saat ada yang mirip-mirip pak Hoegeng,” katanya.Sementara itu, anak kedua Hoegeng Iman Santoso, Aditya Soetanto Hoegeng, mengaku bangga memiliki sosok ayah Jenderal Hoegeng. 

Di mata keluarga, Jenderal Hoegeng memiliki kedisiplinan yang tinggi. “Beliau orangnya keras, disiplin dan itu pun diterapkan dalam keluarga dan tidak ada yang bisa mendukung tugas beliau selain keluarga, yang paling utama adalah dukungan dari ibu sebagai istri, dan kami sebagai anak. Juga tidak ada kata lain dari kami sebagai keluarga, yaitu kami bangga,” ucap Aditya.