Bogor (Antara) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat meraih penghargaan sebagai Kota Sehat Swasti Saba Padapa dari Kemerinterian Kesehatan bersama 90 kabupaten dan kota se Indonesia.

"Kota Bogor merupakan satu dari 15 kota dan kabupaten di Jawa Barat yang masuk nominasi penghargaan KKS dan telah dibina oleh provinsi," ujar Kepala Bagian Humas Sekretaris Daerah Kota Bogor Arie Sarsono Budiraharjo, dalam siaran pers Humas Pemkot Kota Bogor yang disiarkan, Minggu.

Arie menyebutkan, penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan dan diterima oleh Kepala Bappeda Kota Bogor Hari Sutjahjo mewakili Wali Kota yang didampingi Ketua Forum Kota Sehat Abdul Karim serta perwakilan dari Dinas Kesehatan setempat.

Penghargaan diserahkan pada Jumat (15/11) bertepatan dengan rangkaian kegiatan puncak hari Kesehatan Nasional (HKN) di Jakarta.

Dijelaskannya, penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Bogor merujuk kepada kabupaten kota yang dinilai berhasil dalam mengembangkan menimal dua tatanan dari sembilan tatatnan kota atau kabupaten sehat.

"Dua tatanan kota atau kabupaten sehat yang dinilai berhasil dilakukan Pemerintah Kota Bogor adalah kawasan pemukiman, saranan dan prasarana umum serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri," ujar Arie.

Sedangkan, sembilan tatanan kota atau kabupaten sehat (KKS) menurut Menteri Kesehatan adalah kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas, tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kehidupan sosial yang sehat.

Adapun jenis penghargaan KKS terdiri dari penghargaan SWASTI SABA WISTARA (Pengembangan) yaitu penghargaan kepada kota atau kabupaten yang dnilai berhasil menangani minimal lima tatanan KKS.

Selanjutnya ada penghargaan SWASTI SABA WIWARSA (Pembinaan) yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang dinilai berhasil melaksanakan tiga atau empat tatanan KKS.

Terakhir, ada penghargaan SWASTI SABA PADAPA (Pemantapan) bagi kota atau kabupaten yang dinilai berhasil melaksanakan dua tatanan KKS.

"Kota Bogor menerima penghargaan Swasti Saba Padapa (Pemantapan) karena berhasil melaksanakan dua tatanan KKS," tambah Arie.

Kepala Bappeda Kota Bogor Hari Sutjahyo mengucapkan rasa syukur atas capaian Pemerintah Kota Bogor bersama Forum Kota Sehat ini dalam mengimplementasi tatanan kota atau kabupaten sehat.

"Penghargaan ini sejatinya adalah bonus dari kerja yang telah dilakukan sekaligus pada saat yang sama harus mampu memberikan dorongan dan semangat untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih ikhlas untuk mengimplementasikan berbagai tatanan KKS," ujarnya.


Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013