Bogor, 18/4 (Antara) - Agrianita Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta memberikan layanan kesehatan menyambut Hari Kartini 2013.

"Kegiatan rutin tahunan (layanan kesehatan) ini bertujuan agar kaum wanita lebih `care` dengan kesehatan dirinya," kata Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Agrianita IPB 2013 Ny Rina Dahrul di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Agrianita adalah organisasi istri dosen dan karyawan di lingkungan IPB.

Rina Dahrul menjelaskan, layanan kesehatan yang diberikan adalah tes "pap smear".

"Tes `pap smear` ini sesungguhnya adalah pemeriksaan tahunan yang harus dilakukan wanita, sebagai upaya untuk deteksi dini," katanya.

Dalam rujukan kesehatan, "pap smear" merupakan suatu metode pemeriksaan sel cairan dinding leher rahim dengan menggunakan mikroskop.

Disebutkan bahwa "pap smear" merupakan alat skrining kanker serviks uteri.

Tes "pap smear" tahap pertama itu, kata dia, akan dilanjutkan dengan tes gelombang dua, yakni pada tanggal 24 April 2013 di Klinik Baranangsiang.

Rina menjelaskan, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah seminar kesehatan bertema "Pola Hidup Sehat untuk Jantung Sehat", dan pada tanggal 23 April diadakan seminar wanita dengan tajuk "Kiat Sukses Mengelola Keuangan Keluarga" pada 7 Mei 2013.

Selain itu, kata dia, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek gula darah, asam urat, kepadatan masa tulang dan kolesterol, yang merupakan kerja sama Agrianita dengan Poliklinik IPB.

Ia menambahkan kegiatan pertama "Kartini-an" Agrianita IPB itu diramaikan dengan bazar yang menghadirkan para UKM mitra dengan beragam produk pilihan.



Andi Jauhari

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013