Depok (ANTARA News Megapolitan) - Universitas Indonesia (UI) meresmikan Makara Art Center (MAC), sebuah fasilitas pusat kesenian sebagai ruang apresiasi terhadap kegiatan seni dan budaya, baik itu seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari maupun kerajinan tangan.

Rektor UI Prof Muhammad Anis di Kampus UI Depok, Selasa mengatakan, dirinya sepenuhnya mendukung keberlangsungan aktivitas seni dan budaya di dalam kampus UI.

Para mahasiswa UI diharapkan dapat terus mengobarkan semangat panji-panji ilmu dan seni berkibar tinggi di almamater ini sesuai dengan pernyataan Guru Besar Emeritus UI Prof Dr Fuad Hassan pada tahun 1987 yang terpampang di dinding Lantai 1 Gedung Pusat Administrasi Universitas Kampus Depok.

Untuk itu, katanya manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya fasilitas MAC sebagai ajang aktualisasi diri.

Lulusan UI adalah lulusan yang berjiwa kompetitif serta memiliki karakter jiwa dan raga yang sehat. Salah satu upaya menyehatkan raga adalah melalui seni dan budaya.

Gedung MAC terdiri atas lima lantai yang di dalamnya terdapat auditorium pertunjukan utama dengan kapasitas 418 bangku dengan sistem tata akustik dan pencahayaan yang mumpuni.

Selain auditorium, terdapat pula ruang galeri untuk menampilkan seni lukis dan kerajinan tangan. Gedung MAC memiliki pemandangan Danau Kenanga yang hijau dan asri dan berlokasi dekat dengan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Depok.

Program seni dan budaya yang akan dipertunjukkan di MAC merupakan program terpilih yang sarat dengan penampilan berkualitas terbaik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Selama persiapan grand launching, MAC telah menampilkan para seniman kenamaan dari dalam maupun luar negeri. Sebut saja, Putu Wijaya, Dwiki Darmawan, Erwin Gutawa, Niniek L. Karim, Jose Pedro Baledo (Musisi Amerika), dan Siero Chamber Orchestra (Spanyol).

Peluncuran MAC telah dilaksanakan pada Senin malam (10/12) yang dilakukan oleh Rektor UI Prof Muhammad Anis, Wakil Rektor UI Prof Dr Bambang Wibawarta, dan Artistic Director MAC UI I Yudhi Soenarto.

Peresmian MAC bersamaan dengan dibukanya UI Lake Art Festival 2018 yang diisi dengan penampilan Indonesian National Orchestra (INO) pimpinan Franki Raden.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018