Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan (BP3) Wilayah III Jawa Barat menanggapi meninggalnya pelajar SMAN 3 Kota Sukabumi M Aditya Darmawan saat melangsungkan widiawisata ke Yogyakarta.

"Penanganan yang dilakukan oleh pihak sekolah sudah benar yakni membawa dua petugas medis untuk menjaga kesehatan rombongan pelajar yang tengah melaksanakan widiawisata ke Yogyakarta," kata staf Bagian Pengawasan BP3 Wilayah III Jabar Asep Burdah melalui hubungan telepon selulernya, Sabtu.

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekolah setelah mendapatkan informasi tentang ada seorang pelajar kelas 11 SMAN 3 Kota Sukabumi saat dalam perjalanan tour ke Yogyakarta.

Selain itu, informasi pihak sekolah penanganan yang dilakukan kepada korban sudah sesuai prosedur. Sebelum, sakit almarhum juga sempat mengikuti seminar di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Senin, (8/1).

Walaupun saat itu mengeluh sakit, anak itu masih tetap ingin mengikuti perjalanan ke Yogyakarta padahal panitia sudah menawarkan apakah dilanjutkan perjalanannya atau kembali ke Sukabumi.

Sesampai di Yogyakarta pada Selasa, (9/1) untuk berkunjung ke Universitas Gajah Mada (UGM), almarhum tidak ikut dan memilih diinflus dan menunggu di bus.

"Pada Rabu, (10/1) sore Aditya dilarikan ke RSUD Yogyakarta untuk mendapatkan penanganan medis, namun kondisinya kesehatannya terus menurun dan akhirnya meninggal pada Jumat, (12/1) sekitar pukul 17.00 WIB," tambahnya.

Asep membantah bawa sejak di Bandung dan perjalanan menuju Yogyakarta almarhum sudah dalam keadaan kritis. Bahkan aktivitas dan kesehatannya pun terus dipantau oleh dua orang pembimbing.

Untuk penyebab kematiannya, pihak keluarga lebih tahu karena saat mendapatkan pengobatan di Yogyakarta, keluarganya yang menanganinya dan hasil rekam medik pun diserahkan kepada keluarga.

"Kami akan tetap melakukan penyelidikan dan investigasi terkait meninggalnya seorang pelajar SMAN 3 Kota Sukabumi saat tengah melaksanakan study tour tersebut," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018