Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar Program Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kelurahan Nanggewer, Cibinong, untuk mengendalikan angka inflasi daerah.

"Kita pastikan melalui GPM harga yang diberikan lebih murah sehingga masyarakat bisa terlayani dan kebutuhan bahan pokok masyarakat bisa terpenuhi, ada sedikitnya 20 komoditas yang tersedia di GPM ini," ungkap Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri saat membuka GPM di Bogor, Rabu.

Beberapa komoditas yang dijual dengan harga di bawah harga pasaran itu seperti beras medium sebanyak 2.300 kg, minyak goreng sebanyak 1.000 liter, gula pasir 740 kg, telur ayam ras sebanyak 600 kg, daging sapi sebanyak 100 kg.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Keliling Pemkab Bogor digelar hingga Idul Fitri
Baca juga: Pemkab Bogor upaya stabilkan harga pangan lewat pasar pangan murah

Kemudian daging ayam berjumlah 100 kg, bawang merah sebanyak 50 kg, bawang putih berjumlah 50 kg, cabai merah keriting sebanyak 30 kg dan cabai rawit merah sebanyak 30 kg.

Bachril menyebutkan, pengendalian inflasi ini menjadi kebijakan nasional yang fokus dan gencar dilakukan mulai dari tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota se-Indonesia.

Karena, berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, semua kepala daerah se-Indonesia berkewajiban memantau perkembangan harga komoditas harga pangan setiap minggunya yang dipimpin langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI secara virtual.

“Hari ini selain melaksanakan kegiatan GPM bagi masyarakat, kami juga mengecek perkembangan harga komoditas pangan," kata Bachril.

Baca juga: Pemkab Bogor "Gelar Pangan Murah" gandeng tiga distributor sembako

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor Bambam Seti Aji menerangkan, penyelenggaraan GPM ini yaitu yang ke-37 kalinya dari target 40 kali selama 2024.

Menurut dia, komoditas kebutuhan pokok menjadi penyumbang inflasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan berupa subsidi Rp2.000 per kilogram dalam bentuk fasilitas distribusinya.

“Sehingga harga jual produk yang tersedia di GPM menjadi lebih murah dibanding harga pasar. Kami harap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan guna memudahkan masyarakat Kabupaten Bogor mendapatkan produk pangan murah, berkualitas baik,” kata Bambam.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024