Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat meraih penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Kategori Baik sebagai juara kategori umum dalam acara Anugerah Pandu Negeri 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Kota Bogor, Jumat, menjelaskan penghargaan yang diterima pada Kamis (5/9) itu diraih atas penilaian para juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Adapun penilaiannya meliputi pengelolaan keuangan dan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), kebijakan terkait persoalan publik, reformasi birokrasi, Monitoring Centre for Prevention (MCP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Indikator lainnya adalah dari makro, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pendapatan daerah regional bruto (PDRB) dan lainnya.

“Alhamdulillah Kota Bogor mendapatkan juara untuk kategori umum pemerintah daerah dengan kinerja dan governansi kategori baik untuk kota,” kata Syarifah.

Baca juga: Kota Bogor raih dua penghargaan pada HUT Provinsi Jawa Barat
Baca juga: Kota Bogor kembali raih penghargaan pencapaian Universal Health Coverage

Ia mengatakan capaian yang diraih Pemkot Bogor ini harus berdampak bagi masyarakat, sesuai dengan harapan yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas.

“Di antaranya dalam upaya untuk menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran, angka stunting, inflasi dan sebagainya,” ujarnya.

Penghargaan yang diraih ini, kata Syarifah, patut disyukuri dan diharapkan menjadi penyemangat untuk meningkatkan kinerja jajaran Pemkot Bogor menjadi lebih baik serta menjadi motivasi untuk penilaian-penilaian lainnya.

Baca juga: KemenPPPA berikan penghargaan ke Kapolresta Bogor atas perlindungan anak

Syarifah mengatakan ke depan nilai-nilai dan penghargaan yang telah diraih harus bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

“Pada intinya, banyaknya apresiasi yang datang menjadi penggambaran jajaran Pemkot Bogor berkinerja baik. Paling tidak memberikan pelayanan publik yang baik,” ucapnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024