Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengharapkan Forum Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) Indonesia 2024 serta ASEAN Village Network (AVN) Ke-2 dapat menjadi inspirasi dalam membangun desa.

"Saya berharap pengalaman yang kita peroleh di sini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mengembangkan desa-desa di negara kita masing-masing," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Sugito dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut dia sampaikan saat menghadiri Gala Dinner SOMRDPE dan AVN Ke-2 di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (28/8).

Baca juga: Mendes PDTT sebut dana desa berhasil tingkatkan kualitas hidup warga

Pada tahun kedua penyelenggaraannya, Forum SOMRDPE dan AVN digelar di Kota Batu dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, dari 28 Agustus hingga 1 September 2024.

Pemilihan Kota Batu dan Kabupaten Malang sebagai lokasi acara tersebut didasarkan pada keberhasilan kedua daerah dalam mengembangkan desa dan pariwisata. Sugito menyampaikan para delegasi dijadwalkan melakukan kunjungan langsung ke beberapa desa.

Kunjungan itu diharapkan mampu membuat para delegasi memahami kemajuan pembangunan di daerah tersebut dan melihat konsep pembangunan desa dapat diaplikasikan di negara masing-masing.

Baca juga: Mendes PDTT sebut aspek kultural jadi jati diri pendamping desa

Baca juga: Mendes PDTT sebut aspek kultural jadi jati diri pendamping desa

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024