DPRD Kabupaten Bogor meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk memberi perhatian kepada petugas dan relawan yang telah membantu pengamanan lalu lintas pada hari Lebaran 1445 Hijriah.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto di Cibinong, Rabu, mengatakan bantuan tersebut selayaknya diberikan kepada para petugas karena mereka telah mengorbankan waktu bersama keluarga pada hari raya untuk memastikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan masyarakat merayakan Idul Fitri.

"Mereka yang menjalankan tugas pengamanan Lebaran, baik dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, maupun relawan juga manusia biasa yang punya hati nurani. Kesediaan mereka tetap berjaga, baik dalam pengamanan jalan raya, layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, juga pelayanan publik lainnya harus kita hargai," kata Rudy.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor imbau masyaraka hati-hati tinggalkan rumah saat mudik
Baca juga: Ketua DPRD Bogor apresiasi kinerja Tim SAR gabungan gerak cepat tangani bencana

Menurut dia, dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bogor bisa dalam berbagai bentuk, misalkan dalam bantuan suplai konsumsi bagi mereka yang sedang berjaga atau bisa juga dalam bentuk dukungan lainnya.

"Intinya Pemkab Bogor memberi dukungan, dan saya sangat yakin itu pasti telah dipersiapkan dan akan dilakukan dengan baik," ujarnya.

Masyarakat, kata dia, juga harus membantu petugas dengan mematuhi segala aturan dan imbauan yang telah ditetapkan. Dalam berlalu lintas, masyarakat pengendara bisa sangat membantu dengan tertib berlalu lintas selama hilir mudik silaturahmi pada hari raya, juga saat memanfaatkan waktu liburan ke tempat-tempat wisata.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ajak umat Muslim perbanyak ibadah di sisa Ramadhan

Sementara untuk membangun keamanan lingkungan, Rudy juga menyarankan agar setiap lingkungan menjadwalkan ronda secara bergiliran. Dengan demikian, kata Rudy, momentum hari raya Idul Fitri nanti dapat dirasakan dengan penuh khidmat.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024