Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melantik 154 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten setempat dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah melalui upaya penyegaran.

Sebanyak 154 orang yang dilantik terdiri atas 44 jabatan administrator, 104 pengawas, empat pejabat camat, serta dua lurah. Dalam kesempatan itu diserahkan pula Surat Keputusan Kepala UPTD Puskesmas di sembilan wilayah.

"Pelantikan ini dilakukan secara selektif dan ketat serta melalui proses yang lumayan lama," kata Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Tahapan tersebut dimulai dar

Baca juga: Bupati Bekasi instruksikan muspika Tambun gelar patroli malam

i tim penilai kinerja tahunan aparatur sipil negara (ASN). Penilaian berlanjut di tingkat badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan, termasuk kepala daerah.

Tak cukup di situ, proses menuju pelantikan dilanjutkan dengan permohonan pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Setelah disetujui, baru bisa mengajukan permohonan ke provinsi serta kementerian.

Dani menekankan kepada para pejabat itu agar mampu memaksimalkan penyerapan anggaran, baik dari sisi ketepatan waktu maupun akuntabilitas.

"Sasaran serta dampak mesti terlihat dari kinerja. Kalau itu sudah bisa tercapai, sebetulnya banyak kinerja yang bisa dicapai," katanya.

Ia berharap mereka fokus pada sejumlah program seperti penurunan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, peningkatan investasi, dan pengurangan pengangguran serta aspek digital.

Baca juga: Bupati Bekasi raih penghargaan pembina wajib pajak teladan Pemprov Jabar

"Saya kira harus fokus karena banyak sekali pekerjaan rumah yang menanti untuk segera dituntaskan," ucapnya.

Selain meningkatkan kinerja melalui penyegaran, rotasi, mutasi, serta promosi, kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bekasi Endin Samsudin, juga untuk mengisi kekosongan jabatan.

"Karena setiap bulan selalu ada jabatan yang kosong karena pensiun, minimal antara lima sampai 10 orang, baru diisi lagi. Setelah itu, kami akan cek ulang mengenai jabatan-jabatan yang masih kosong pada bulan depan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024