Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meluncurkan aplikasi sistem informasi pangan daerah (Sipanda) pada Kamis, yang merupakan inovasi untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi terbaru tentang pangan di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Aplikasi Sipanda ini bisa diakses siapa saja, tinggal mengunduh di Playstore bagi pengguna android. Meskipun aplikasi ini belum sempurna tetapi sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Fahmi di Sukabumi, Kamis.

Menurut orang nomor satu di Kota Sukabumi ini, walaupun aplikasi ini ada beberapa bagian yang masih dalam peningkatan, tetapi sudah bisa dimanfaatkan. Selain itu dengan penyempurnaan aplikasi Sipanda,  informasi yang disajikan ini selalu mutakhir.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota tangkap enam tersangka TPPO yang korbannya anak di bawah umur
Baca juga: Ummi hadirkan aplikasi pembelajaran berbasis digital "Kopi D'Lima"

Aplikasi Sipanda juga bisa menjadi pemandu masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang pergerakan harga, ketersediaan, dan pasokan pangan. Kemudian, ada tips atau saran yang menarik tentang cara memproduksi hingga mengolah pangan serta masih banyak yang lainnya.

Pihaknya pun berharap dengan aplikasi tersebut masyarakat bisa terbantu dalam mencari informasi tentang pangan khususnya harga dan persediaan. Seperti saat akan berbelanja, warga bisa membuka aplikasi ini untuk mengetahui harga terbaru.

"Aplikasi Sipanda merupakan inovasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi dalam memberikan informasi terkait kondisi pangan di Kota Sukabumi," tambhanya.

Baca juga: PMI pusat kembangkan teknologi kesiapan dan ketahanan bisnis dalam bencana

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan ( DKP3) Kota Sukabumi Adrian Hariadi mengatakan tujuan dibuatnya aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi fluktuasi harga pangan di pasaran.

Majunya teknologi digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin, salah satunya untuk menyebar berbagai informasi dan memberikan edukasi yang berkaitan dengan pangan, sehingga warga yang membutuhkan berbagai informasi tentang pangan tinggal membuka handphone dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor instansi untuk mencari dan mendapat informasi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023