Rumah Sakit Umum Daerah Tipe D Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sukses meningkatkan indeks pelayanan publik berdasarkan hasil penilaian pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan masyarakat.

Direktur RSUD Cabangbungin dr. Erni Herdiani mengatakan peningkatan indeks pelayanan publik ini merupakan hasil penilaian Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada kinerja pelayanan publik di RSUD Cabangbungin.

"Asesmen ini menggunakan form F.03.A dan jika dilihat dari hasil survei langsung dari pengunjung dengan format F.02.A yang dikompilasi, hasilnya adalah 4,4819 dengan kriteria awal C sekarang A- (sangat baik) artinya ada peningkatan yang cukup tinggi," katanya di Kabupaten Bekasi, Senin.

Baca juga: DPRD Bekasi minta RSUD Cabangbungin optimalkan pelayanan kesehatan

Dia mengatakan capaian signifikan tersebut merupakan hasil kerja keras, sinergi, serta kekompakan yang baik dengan banyak pihak mulai dari pemerintah daerah hingga lintas sektor lain.

"Saya juga bangga dengan Tim RSUD Cabangbungin yang semangat, kreatif, dan penuh inovatif dalam melayani masyarakat serta semua unsur terkait lain yang terlibat dalam pelaksanaan. Terbukti dalam waktu singkat kunjungan dan kepuasan pasien meningkat," katanya.

Pihaknya terus berupaya mengoptimalkan inovasi serta menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat guna menjaga kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan dalam jangka panjang sehingga RSUD Cabangbungin mampu menjadi rumah sakit harapan masyarakat berstandar nasional.

Baca juga: RSUD Cabangbungin Bekasi sedang disiapkan naik tipe

"Pertama, melakukan survei kepada masyarakat, mengundang dan berdialog dengan para tokoh untuk mengetahui harapan masyarakat dan apa saja yang perlu diperbaiki. Kedua, memetakan strength, weakness, opportunity dan threath (SWOT) untuk menentukan strategi ke depan dan yang terakhir menyusun inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan mengusung Inovasi Rusa Berlian," ucapnya.

Dirinya berharap ke depan rumah sakit dengan tipe D ini dapat naik kelas sekaligus terus meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat.

"Dalam masa kurang lebih 100 hari kerja saya, semoga tren ini dapat terus meningkat, semoga Allah SWT selalu memberi perlindungan kepada kami semua dalam menjalankan tugas-tugas untuk melayani masyarakat dan saya berharap RSUD Cabangbungin ini dapat segera naik kelas menjadi Kelas C," katanya.

Baca juga: RSUD Cabangbungin Bekasi disiapkan tangani pasien COVID-19

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan terhadap RSUD Cabangbungin sehingga mampu mengedepankan orientasi pelayanan publik sesuai harapan masyarakat.

"Mohon maaf bila dalam proses ini masih ada kekurangan. Insya Allah kami akan terus berupaya memperbaiki pelayanan. Bila ada yg ingin disampaikan bisa hubungi kami di nomor 085710031511," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023