Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menghadirkan pelayanan Samsat hingga Kantor Imigrasi untuk pembuatan paspor pada kegiatan Gebyar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di halaman Kecamatan Rawamerta.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang, Jumat, mengatakan Gebyar Paten digelar dua kali dalam sepekan, yakni setiap Rabu dan Jumat, sebagai ajang silaturahim dengan masyarakat serta bagian dari jemput bola pelayanan publik.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut memiliki tujuan memberikan pelayanan terbaik serta memudahkan atau mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

“Jadi tujuan kami hadir di sini tentunya untuk melakukan kebaikan, yakni meningkatkan pelayanan dekat dengan masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Warga sambut kehadiran Wabup Karawang di Gebyar Paten Ciampel
Baca juga: Aep Syaepuloh: Gebyar Paten bantu masyarakat Karawang dapatkan pelayanan

Gebyar Paten merupakan agenda jemput bola yang rutin digelar Pemkab Karawang dua kali dalam sepekan, untuk mendekatkan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat.

Dalam Gebyar Paten berbagai pelayanan administrasi tersedia, mulai kependudukan, pajak daerah PBB, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), perizinan, kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan seluruh layanan dinas di Karawang.

Pemkab Karawang juga bekerja sama dengan instansi lain, seperti Samsat pembayaran pajak kendaraan, perpanjang SIM, Kantor Imigrasi Karawang, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan.

Baca juga: Ratusan warga Karawang serbu sejumlah pelayanan publik di Gebyar Paten

Ia mengatakan beragam pelayanan dihadirkan dalam kegiatan Paten tersebut, termasuk dari Samsat dan Kantor Imigrasi Karawang.

"Semua (jenis pelayanan, red.) kami sediakan. Kami pun di sini menyediakan UMKM unggulan dari desa-desa, tentunya hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," kata dia.

Wabup Aep Syaepuloh menyampaikan bagian terpenting dari kegiatan Paten yang digelar di kantor kecamatan, yakni dialog langsung antara jajaran Pemkab Karawang dengan masyarakat.

"Kami membuka dialog bersama masyarakat, untuk mendengar dan menyerap aspirasi langsung, guna memaksimalkan pembangunan," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023