Perkumpulan anak muda peduli pemilu yang tergabung dalam Komunitas Cermat Demokrasi berkolaborasi dengan Komunitas Sekolah Marjinal telah mengadakan Festival Pinggiran Yogyakarta di Glendongan, Tambakbayan, Kelurahan Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Festival Pinggiran Yogyakarta tersebut dilakukan guna memberikan pendidikan kewarganegaraan kepada para pemulung yang beberapa di antaranya tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP)," kata Ketua Program Advokasi Komunitas Cermat Demokrasi Rais Assad Faiz di Yogyakarta, Selasa.

Festival tersebut dihadiri sebanyak 31 warga Glendongan, Tambakbayan yang sehari hari bekerja sebagai pemulung, mereka terdiri atas 20 orang dewasa dan 11 anak-anak.

"Kegiatan ini adalah bagian dari keseluruhan proses advokasi yang Cermat Demokrasi lakukan untuk mendorong pemenuhan hak sipil dan politik bagi para pemulung," katanya.

Menurut dia, festival yang diisi dengan tes kesehatan gratis, pembagian bantuan sosial berupa sembako, dan workshop karya seni untuk anak-anak tersebut harapannya bisa menjadi sarana pendidikan kewarganegaraan yang lebih menyentuh.

 

Pewarta: Hery Sidik

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023