Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Jawa Barat melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan kurasi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar produknya semakin dikenal dan berkembang. 

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro DKUM Depok Nani Zara di Kota Depok Rabu mengatakan pelatihan ini diadakan DKUM bekerja sama dengan pihak swasta. Yakni perusahaan yang memiliki banyak toko ritel modern di hampir seluruh Indonesia.

Program yang ditawarkan kami sambut baik karena sebagai akses kemitraan untuk pelaku UMKM Depok. Yang sangat berhubungan dengan program unggulan janji Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Depok, yaitu Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 perempuan pengusaha.

"Peserta diberikan pelatihan terkait cara-cara produk yang bisa dipasarkan di Indomaret dan penjelasan teknis menjadi pemasok di toko ritel modern. Kemudian diajarkan tata cara dan penentuan harga pokok suatu produk olahan UMKM dan kue basah," katanya

"Terakhir, produk-produk teman-teman UMKM akan dikurasi oleh Indomaret apakah sudah masuk kualifikasi untuk dijual disana," katanya.

Sementara itu Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Bogor 2 Paulus Cahyo Adi Nugroho menambahkan, pihaknya memfasilitasi para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya. Dengan harapan dapat membangkitkan usaha dan bersaing di kancah regional, nasional bahkan internasional.

"Untuk kegiatan hari ini, kami menyediakan dua unit gerobak yang nantinya akan diundi untuk dua pemenang. Lalu, 150 pelaku UMKM mendapatkan alat bantu produksi untuk membuat produk. Ada juga hadiah undian perlengkapan elektronik lainnya," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022