Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kursin Kurniawan melantik 90 orang anggota panitia pengawas pemilu kecamatan yang akan bertugas mengawal pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Panwaslu kecamatan ini akan bertugas pada 30 kecamatan, masing-masing kecamatan terdiri atas tiga orang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan usai pelantikan anggota panwaslu kecamatan di Karawang, Kamis.

Ia berharap agar seluruh anggota panwaslu kecamatan yang terpilih bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan sebab lembaga penyelenggara pemilu bekerja bukan dengan asumsi, tetapi dengan peraturan.

Baca juga: 450 peserta ikuti ujian CAT panwaslu tingkat kecamatan di Karawang

Menurut Kursin, seluruh anggota panwaslu kecamatan yang terpilih dan dilantik sudah menjalani proses seleksi cukup ketat. Diawali dari seleksi administrasi, tes tulis berbasis komputer (computer assisted test/CAT) dan terakhir tes wawancara.

Saat tes tulis berbasis komputer diikuti 450 orang dan selanjutnya terjaring 180 orang atau enam orang untuk masing-masing kecamatan. Kemudian dari 180 orang yang mengikuti tes wawancara, terpilih 90 orang calon anggota panwaslu yang akan bertugas pada 30 kecamatan.

"Kami sampaikan selamat kepada yang terpilih. Persiapkan mental dan selalu jaga kesehatan karena tugas pada pemilu nanti cukup berat," kata Kursin.

Baca juga: Bawaslu Karawang perpanjang pendaftaran calon anggota panwaslu pada 23 kecamatan

Menurut ia, anggota panwaslu kecamatan harus bisa bekerja secara profesional dan tidak melibatkan kepentingan pribadi atau kelompok dalam bekerja.

Kursin menambahkan sejumlah potensi kerawanan, seperti politik uang dan netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjadi fokus pencegahan di Karawang.

“Walau kita bermitra dengan stakeholder terkait utamanya pemerintah, pencegahan netralitas ASN juga harus diutamakan dan kita harus bekerja sama, tapi jangan mau diintervensi,” tegasnya.

Baca juga: Bawaslu Karawang: 410 orang mendaftar jadi anggota panwaslu kecamatan

Hhadir pada acara pelantikan anggota panwaslu kecamatan, antara lain Ketua DPRD Karawang Budianto, Ketua Komisi Pemilihan Umum Karawang Miftah Farid, Kepala Kejari Martha Parulina Berliana, Dandim Letkol KAV Makhdum Habiburahman, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karawang.

Setelah pelantikan, sebanyak 90 orang anggota panwaslu kecamatan itu langsung mengikuti pembekalan dari Bawaslu Karawang yang berlangsung hingga Jumat (28/10).

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022