Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat mulai menjajaki kerja sama inventarisasi jalur pipa di perbatasan wilayah dan sejumlah rencana bisnis lain dengan Perumda Tirta Kahuripan dalam peningkatan pelayanan air bersih kepada masyarakat.
 
Penjajakan kerja sama itu dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan dan Direktur Utama Tirta Kahuripan Yuliansyah Anwar pada Jumat (10/6), di ruang rapat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor di Cibinong, dengan memuat tiga poin kajian rencana bisnis dan perbaikan layanan.
 
“Mudah-mudahan permasalahan-permasalahan pelayanan air minum di daerah-daerah perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor bisa segera terselesaikan,” kata Rino di Kota Bogor, Jumat.
 
Baca juga: Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor jelaskan soal rencana pinjaman dana Rp64 miliar
Baca juga: Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor rancang masa depan saluran air minum
 
Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira yang didampingi Dewan Pengawas Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Dodi Rosadi, Direktur Umum Tirta Pakuan Rivelino Rizky, Direktur Teknik Ardani Yusuf dan sejumlah pejabat struktural, menerangkan kesepahaman itu akan memuat tiga kajian.
 
Ketiga kajian itu mengenai rencana jual beli air curah, inventarisasi jalur pipa di wilayah perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor dan kajian mengenai kerja sama pusat pelatihan (training center) pelayanan air minum.
 
Saat ini, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menjadi salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum terbaik di Indonesia berdasarkan laporan kinerja BUMD Air Minum yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2021.
 
Berdasarkan laporan tersebut, Tirta Pakuan Kota Bogor juga masuk kategori PDAM sehat di Indonesia.
 
Baca juga: Tirta Kahuripan dan Tirta Pakuan kerja sama optimalkan layanan di perbatasan Bogor
 
Rino menilai kerja sama ini merupakan upaya nyata kedua perusahaan air minum untuk memberikan solusi perbaikan pelayanan warga, terutama masyarakat di daerah-daerah perbatasan kedua kota.
 
Dia meyakini, kerja sama ini bahkan dapat menjadi model dalam momentum untuk membesarkan dan menguatkan perusahaan air minum di Indonesia.
 
“Kerja sama ini menjadi solusi untuk permasalahan layanan air minum yang terjadi di hampir seluruh wilayah di tanah air,” ujar Rino.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022