Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau Gerbang Tol Gabus di Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk memastikan kesiapan salah satu akses keluar dan masuk Jalan Tol Ruas Cibitung-Cilincing jelang diresmikan.

"Untuk memastikan persiapan jelang peresmian ruas tol ini nanti," kata Dani Ramdan di lokasi di Bekasi, Senin.

Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadir langsung pada peresmian dua ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing pada Juni mendatang.

Dalam kunjungan ini Dani didampingi Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Iwan Ridwan, serta kontraktor dari PT Waskita.

Baca juga: Progres Tol Cimanggis-Cibitung capai 75,59 persen

Dia menilai akses keluar Tol Gabus sudah bagus hanya saja jalan menuju gerbang tol yakni Jalan Haji Nausan masih harus dilakukan pembenahan lantaran relatif sempit.

"Exit tolnya sudah bagus, tapi jalan eksistingnya, Jalan Haji Nausan ini sempit hanya lima meter. Kami akan tambah dua meter lagi," ucapnya.

Pihak kontraktor Waskita, kata Dani, sudah menyanggupi untuk melakukan pembenahan di sekitar jalan sebelum masuk gerbang tol.

"Alhamdulillah 300 meter pertama, 200 meter ke kanan sampai jembatan, kemudian 150 meter ke kiri akan ditangani oleh Waskita," kata Dani.

Baca juga: Jasa Marga berencana alihkan lalu lintas pintu keluar SS Cibitung mulai Jumat

Waskita meminta pemerintah daerah menyelesaikan persoalan bangunan liar di sisi kiri jalan yang menjadi kendala pelebaran jalan. Selain itu pondasi sungai irigasi pada sisi kanan jalan juga mudah longsor.

Dani mengatakan akan menangani permasalahan tersebut dalam waktu dekat sehingga kontraktor dapat langsung melakukan pelebaran jalan.

"Tantangannya kalau di kanan jalan akses, sebelahnya ada sungai irigasi dan itu butuh turap tembok penahan tanah. Harus tebal dan tinggi karena sungainya dalam, khawatir jebol. Kalau sebelah kiri ada warung, tadi pihak kecamatan bilang sudah menyanggupi untuk ditertibkan sehingga bisa dilaksanakan," katanya.

Baca juga: Jasa Marga mulai alihkan transaksi Gerbang Tol Cibitung

Menurut dia pelebaran Jalan Haji Nausan penting dilakukan karena merupakan akses jalan menuju gerbang tol yang masuk dalam seksi 2-3 dari Interchange Telaga Asih sampai Interchange Tarumajaya dengan total sepanjang 24,45 kilometer.

Pihaknya berkomitmen melakukan percepatan pembenahan tersebut sehingga tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas di titik sebelum masuk ke Gerbang Tol Gabus. "Ini akan diresmikan infonya dua minggu lagi, makanya kita tuntaskan segera," kata Dani.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022