Karawang (Antaranews Bogor) - Seorang mantan kepala desa di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang maju sebagai calon anggota legislatif DPRD Karawang berhasil mengalahkan para pesaingnya termasuk calon incumbent atau petahana pada Pemilihan Umum Legislatif 2014.

Di Kecamatan Cibuaya yang masuk dalam Daerah Pemilihan Tiga, ratusan calon angota legislatif (caleg) termasuk calon petahana kalah banyak suaranya dibanding Rosmilah, seorang mantan Kepala Desa Sedari.

Sesuai dengan hasil rekapitulasi Panitia Pemilhan Kecamatan setempat, Selasa, Rosmilah yang maju sebagai caleg dari PDIP mengantongi 2.684 suara. Perolehan suara yang mencapai angka 2.684 itu jauh diatas para caleg lainnya, termasuk dari beberapa caleg petahana yang hanya mencapai ratusan hingga 1.000-an suara.

Di 11 desa sekitar Kecamatan Cibuaya, mantan kepala desa itu meraih suara cukup signifikan. Bahkan di desanya, Desa Sedari, ia mampu menyapu bersih hingga mencapai 762 suara.

Sedangkan caleg petahana dari PDIP, Ayat, hanya meraih 339 suara di Kecamatan Cibuaya. Begitu juga dengan caleg petahana lainnya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ishak Iskandar, hanya meraih 507 suara.

Caleg petahana lainnya dari Partai Gerindra, Royke Benta Sahetapy hanya meriah 470 suara, dan 52 suara yang diraih caleg petahana dari Partai Demokrat, Nurjaman H Resan.

Di Kecamatan Cibuaya, suara terbanyak partai politik dan caleg diraih PDIP yang mencapai 6.006 suara, disusul Partai NasDem dan calonnya sebanyak 3.647 suara. Kemudian PKB dan calonnya yang meraih 3.163 suara.

Sedangkan Partai Golkar dan calonnya sebanyak 2.889 suara, serta sebanyak 1.698 suara yang diraih Partai Gerindra dan calonnya. Di Kecamatan Cibuaya, Partai Demokrat dan calonnya hanya meraih 1.152 suara.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014