Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan memperluas akses masyarakat untuk berolahraga dengan membangum fasilitas lapangan dan lintasan lari seperti Taman Sempur di setiap kecamatan.

"Bertahap, dalam waktu tiga tahun ini kita upayakan setiap kecamatan punya fasilitas lapangan dan lintasan lari seperti di Sempur," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, usai peresmian lintasan lari (joging track) di Lapangan Sempur, Sabtu.

Wali Kota Bogor bersama komunitas lari dari Bogor meresmikan lintasan lari Sempur yang baru selesai direnovasi dengan fasilitas berstandar internasional.

Bima menyebutkan, tampilan baru lintasan lari Lapangan Sempur dari awal merupakan satu perencanaan revitalisasi Sempur. Hanya saja, tahun lalu belum masuk dalam anggaran, dan baru tahun ini disusulkan.

Joging track ini diharapkan bukan saja mampu memuaskan dahaga warga Bogor yang mulai senang belari, tetapi juga targetnya muncul Zohri-zohri baru dari kota ini.

"Kita ingin Bogor menjadi salah satu kota di mana atletik khususnya lari menjadi primadona," katanya.

Menurut Bima, joging track Sempur saat ini lebih empuk, nyaman dan meminimalisir kemungkinan cidera, karena fasilitas yang lama menggunakan material pasir kemungkinan bisa lecet, jatuh dan cidera.

Total panjang lintasan joging track Sempur 300 meter lebih, sesuai standar internasional dan dirancang dengan warna biru. Anggaran perawatan per bulannya dialokasikan untuk Taman Sempur yakni Rp30 juta.

Terkait pembangunan fasilitas olahraga di setiap kecamatan, lanjut Bima, hal ini merupakan bagian dari janji politik atau janji kampanye yang akan direalisasikan secara bertahap dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

"Jadi warga di kecamatan lain tidak harus jauh-jauh ke Sempur, secara bertahap kita bangun di setiap kecamatan fasilitas seperti Sempur ini," kata Bima yang juga punya hobi lari.

Khusus untuk di kecamatan, lanjutnya, lapanhan yang dibangun menyerupai Taman Sempur diupayakan bagian tengah lapangan bisa digunakan untuk bola.

"Jadi konsepnya joging track dan lapangan bola," kata Bima.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018