Bogor (Antaranews Megapolitan) - Delegasi Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan serangkaian pertemuan kolaboratif dengan lembaga mitra Jepang pada tanggal 22 dan 23 Oktober 2018. Perwakilan terdiri dari Dr Arif Satria - Rektor IPB, Prof MA Chozin - Ketua Majelis Wali Amanat, Dr. Sintho W Ardie - Kepala Sub Direktorat Pelayanan Program Internasional, Direktorat Program Internasional IPB.

Setelah kedatangan di Tokyo pada 22 Oktober 2018, acara dimulai dengan pertemuan bersama Wakil Duta Besar Indonesia untuk Jepang - Mochamad Abas Ridwan dan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang - Dr Alinda FM Zain di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo.

Diskusi tersebut menekankan tentang pentingnya peran pendidikan tinggi dalam memperkuat hubungan Jepang-Indonesia, khususnya di bidang perikanan dan pertanian. Selama sesi pertukaran cinderamata, Dr. Arif Satria menerima kaos untuk memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang dari Kedutaan, sementara IPB menyerahkan paket promosi IPB.

Setelah kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo pada 22 Oktober 2018, delegasi melanjutkan ke Tokyo University of Agriculture (TUA / Tokyo NODAI). Agenda penandatanganan  pembaruan Memorandum of Understanding (MoU) antara TUA / Tokyo NODAI dan IPB berlangsung di Ruang Presiden TUA, Lantai 9, Academia Center, Tokyo NODAI, Tokyo, JEPANG.

Pihak TUA / Tokyo NODAI diwakili oleh Dr. Katsumi TAKANO - Presiden TUA / Tokyo NODAI, Dr. Yoichi SAKATA - Direktur Pusat Program Internasional TUA / Tokyo NODAI , Dr. Kojiro SUZUKI - Wakil Direktur TUA / Tokyo NODAI Center for International Program, Mr. Yasuyuki ASANO - Chief Officer TUA / Tokyo NODAI Office of President, Mr. Koichi YOSHINO - Kepala Pusat Program Internasional TUA / Tokyo NODAI, Ms. Naho GOTO - Asisten Kepala Pusat Program Internasional TUA / Tokyo NODAI.

IPB mengusulkan untuk menjadi tuan rumah dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Mahasiswa Internasional ke-20 pada 2020 dan usulan ini disambut baik oleh TUA. Pihak-pihak yang diundang juga dalam kesempatan itu juga sepakat untuk turut meningkatkan kolaborasi dalam bidang-bidang lainnya, yakni tidak terpaut hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam penelitian. Delegasi IPB juga mengambil kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa IPB yang saat ini memiliki program di TUA. (*)

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018