Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, siagakan layanan Puskesmas dan rumah sakit selama libur cuti Lebaran 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah, Senin, menyebutkan, selain puskesmas dan rumah sakit, juga disiagakan tenaga kesehatan serta ambulans untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran.

"Selama libur Lebaran, layanan kesehatan tetap siaga, baik itu puskesmas, rumah sakit dan petugas kesehatannya," kata Rubaeah.

Ia mengatakan, ada 25 dokter dan 50 perawat yang bertugas dengan sistem piket selama libur Lebaran. Selain itu juga ada enam sopir ambulans yang juga disiagakan.

Tenaga kesehatan, dokter dan perawat ini bertugas secara bergiliran di pos kesehatan terpadu yang ada di Terminal Baranangsiang.

Selain itu, Dinkes juga menyiagakan layanan "call center" untuk memaksimalkan layanan kesehatan di rumah sakit untuk sistem rujukan.

"Call center ini untuk sistem rujukan, jika ada pasien yang perlu dirujuk cukup dengan menghubungi call center saja," katanya.

Rubaeah menyebutkan, semaksimal mungkin Dinas Kesehatan Kota Bogor memberikan layanan kesehatan selama libur Lebaran.

Tiap puskesmas juga diminta untuk siaga di wilayah masing-masing terutama mencegah terjadinya kasus-kasus kejadian luar biasa, seperti keracunan makanan.

"Kader dan tenaga kesehatan di puskesmas diminta tetap siaga," kata Rubaeah.

Total ada sekitar 25 puskesmas di Kota Bogor yang siap melayani masyarakat selama libur Lebaran.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018