Bogor (Antranews Megapolitan) - Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (Himitepa) Institut Pertanian Bogor sukses menggelar Studium General Access (Alumni Success) bertajuk “Discover Your Potency for Future Food Technology”. Acara ini berlangsung di Auditorium Abdul Muis Nasoetion (21/4) dan dihadiri oleh kurang lebih 100 orang peserta terdiri dari mahasiswa  Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) dan mahasiswa dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP).

Saccharina Rahma Fitriani selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa Accces merupakan program dari Himitepa dalam bentuk sharing bersama alumni. Acara ini diadakan dalam rangka membantu mengenali potensi diri dan mempersiapkan kehidupan pasca kampus. Acara ini menghadirkan empat alumni sukses dari empat bidang berbeda yaitu bidang pemerintahan, akademisi, industri, dan entrepreneur.

“Para alumni ini akan berbagi pengalaman kerja di setiap bidang profesinya dan berbagi tips apa saja yang perlu disiapkan mahasiswa dalam menghadapi kehidupan pasca kampus,” ungkap Saccharina.

Hadir sebagai perwakilan alumni sukses di bidang pemerintahan yaitu Dr. Anton Apriyantono, Menteri Pertanian periode 2004-2009. Menurut Dr. Anton, kiat menjadi sukses bisa dimulai sejak masih menjadi mahasiswa yaitu dengan mengenali potensi diri dan juga aktif berorganisasi. Kembangkan soft skill dan teruslah belajar.

Ia juga menambahkan, paling tidak ada lima hal yang harus diperhatikan dalam meniti karir, yaitu jangan ragu memulai dari bawah, harus ada perencanaan dan target, jangan mundur jika gagal, evaluasi dan buat rencana baru, dan terakhir yaitu konsisten.

Hadir sebagai alumni sukses bidang akademisi yaitu Dr. Manikharda,  peneliti di SEAFAST Center IPB. Dr. Manikharda mengatakan untuk menjadi sukses kenali kelebihan dan kelemahan diri, terus belajar, dan tingkatkan kemampuan diri. “Jangan takut menghadapi tantangan ke depan dan harus sabar dengan proses yang dilalui,” ujarnya.

Sementara itu Galih Nugroho (Production Manager PT Nutrifood Indonesia), alumni sukses dalam bidang industri dan Richard Suma Kusnadi (Owner Wake Cup Indonesia) mewakili bidang entrepreneur memaparkan kiat mereka menjadi sukses, yaitu memilih bidang yang disukai dan tekuni.

“Semoga melalui acara ini banyak ilmu yang bisa didapatkan dan dapat menginsipirasi teman-teman mahasiswa,” ujar Ketua Himitepa, M. Muflih Fathulhuda. (NIRS/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Saccharina Rahma Fitriani

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018