Bogor (Antara Megapolitan) - PLN area Bogor, Jawa Barat mensosialisasikan layanan "PLN Mobile" yang bertujuan memudahkan pelanggan mengakses layanan listrik.

"PLN mobile ini bagian dari layanan PLN untuk memudahkan pelanggan mengakses layanan listrik," kata General Manajer PLN area Bogor, Widodo, Minggu.

Widodo menjelaskan aplikasi PLN "mobile" dapat diunduh melalui google play untuk telepon android. Berbagai fitur yang tersedia yakni cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru atau perubahan daya, serta penyambungan sementara.

"Juga tersedia fitur untuk informasi tarif listrik terkini, cek status pengaduan dan permohonan, berita terkini mengenai PLN, informasi pemeliharaan listrik, serta telepon CC PLN 123 gratis," katanya.

Untuk mengakses aplikasi tersebut caranya mudah, cukup dengan mendaftarkan diri pada aplikasi yang telah diunduh. Berikut langkah-langkah cara pendaftaran, langkah pertama pada halaman login, tekan tombol daftar.

Lalu isi data secara lengkap, dan tekan tombol daftar. Jika pendaftaran berhasil, akan dapat pemberitahuan atau notifikasi sukses.

Selanjutnya, sistem PLN mobile akan mengirim kode aktivasi ke email yang sudah didaftarkan. Untuk melakukan aktivasi, tekat tombol aktivasi akun pada aplikasi PLN mobile dan masukkan kode, kemudian tekan tombol aktivasi.

"Jika kode aktiviasi sudah dimasukkan, sudah terdaftar di aplikasi PLN mobile, silahkan lakukan login," katanya.

Widodo menyebutkan sosialisasi PLN mobile bagian dari rangkaian Hari Pelanggan Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 4 September.

Selain itu juga dilakukan peresmian Stasiun Pengisian Listrik untuk Umum (SPLU) di Taman Heulang dan Jl Cermai, Taman Kencana. SPLU merupakan program layanan PLN kepada masyarakat yang dapat digunakan secara gratis.

Penempatan SPLU di taman, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi daya batrai telepon genggam dan keperluan lainnya.

"Biasanya di taman selalu ada kegiatan pemerintahan, membutuhkan dukungan listrik baik untuk pengeras suara maupun penerangan, boleh juga digunakan oleh masyarakat untuk menunjang kegiatannya di taman," katanya.

Penyediaan SPLU juga untuk menghindari sambungan ilegal yang dibuat oleh masyarakat saat melakukan kegiatan di taman. Selain itu, keberadaan SPLU juga salah satu penunjang program mobil listrik PLN.

"Targetnya ada 10 titik lokasi yang akan dipasang SPLU, dalam waktu dekat akan dipasang di Taman Sempur," kata Widodo.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017