Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Pameran Lukisan Koleksi Istana Negara Kepresidenan bertema Senandung Ibu Pertiwi di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, Selasa.

Wapres dalam sambutannya mengatakan pameran tersebut menjadi salah satu rangkaian dari acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72.

Ia mengatakan Presiden Pertama Indonesia Soekarno memiliki jasa besar terhadap berbagai lukisan bermutu dan sangat berharga yang ada di Istana Kepresidenan.

Menurut Wapres lukisan-lukisan tersebut memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia  baik dari sisi sejarah dan keindahannya.

Sementara itu, pameran lukisan istana tersebut mengawali rangkaian acara untuk memperingatai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 yang disiapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara dan Badan Ekonomi Kreatif.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pameran lukisan istana kepresidenan pada 2017 bertajuk Senandung Ibu Pertiwi akan menampilkan koleksi-koleksi di istana yang belum ditampilkan pada pameran lukisan tahun lalu.

Pameran lukisan itu akan dibuka pada 1 Agustus 2017 dan berlangsung selama satu bulan.

Selain itu, menurut Pratikno, perayaan HUT Kemerdekaan ke-72 akan digelar di sejumlah daerah di Indonesia antara lain Jakarta dan Makassar, Sulawesi Selatan serta Bandung, Jawa Barat.

Ia mengatakan institusinya bersama Bekraf menyiapkan rangkaian mulai dari pameran lukisan koleksi istana kepresidenan, dzikir kebangsaan, hingga perayaan sejumlah hari besar perayaan seperti Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Hari Pramuka dan Hari Konstitusi.

"Kita juga akan menyelenggarakan dzikir kebangsaan, dengan tema 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan' di halaman Istana Merdeka pada pukul 19.30 WIB pada tanggal 1 Agustus," tutur Pratikno. Acara dzikir itu akan diikuti oleh sejumlah ulama dan para santri yang diundang dari berbagai pondok pesantren.  (Ant).

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017