Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memastikan aparatur sipil negara (ASN) di daerah tersebut menjaga netralitas selama rangkaian Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra menekankan hal tersebut saat raker Korpri Kabupaten Bogor tahun 2024 di Sentul, Rabu.

Menurut dia, Korpri dan ASN dapat tetap berkontribusi dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkada ini sesuai dengan tupoksi dan kewenangannya masing-masing.

Di antaranya ikut meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada, sehingga dapat melebihi partisipasi pada Pilpres dan Pileg yang berada di angka 83 persen.

Baca juga: Pemkab Bogor siapkan sanksi bagi ASN cawe-cawe di Pilkada
Baca juga: Pemkab Bogor bolehkan ASN jadi timses Pilkada asal cuti di luar tanggungan

“Pesan saya kepada ASN melalui Korpri Kabupaten Bogor, agar tetap menjaga netralitas. Jangan sampai ada ASN Kabupaten Bogor yang 'mencuri start' atau 'cawe-cawe' kepada salah satu calon pasangan bupati atau wakil bupati. Dewan Pengurus Korpri harus betul-betul memantau ASN di Kabupaten Bogor,” jelas Suryanto.

Ia berpesan, di zaman teknologi dan keterbukaan informasi, masyarakat begitu mudah untuk menilai kinerja pemerintah, bahkan sampai ke level individu seseorang, ini tentunya menjadi “awareness” bagi kita semua sebagai aparatur negara untuk bersikap dan bertindak.

“Untuk itu sekali lagi saya tekankan, ASN harus bijak, tetap menjaga nama baik institusi, berhati-hati beraktivitas baik di masyarakat maupun di media sosial,” pesannya.

Baca juga: Pj Bupati Bogor gandeng ulama tingkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2024

Suryanto berharap, Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bogor dapat melahirkan program kerja yang konkrit sepanjang tahun, bukan hanya yang sifat nya perayaan rutinitas saja.

Tetapi program kerja yang benar benar bisa mencapai visi Korpri itu sendiri, yakni terwujudnya organisasi Korpri yang kuat, netral, demokratis, untuk membangun jiwa korps (korsa) Pegawai Republik Indonesia dan mensejahterakan anggota dan keluarganya.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024