Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengajak para dosen untuk dapat menyikapi generative artificial intelligence atau kecerdasan buatan generatif secara baik dan bijak.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI Arief Wibisono Lubis di Kampus UI Depok, Kamis, mengatakan sejak tiga tahun lalu, FEB UI telah menyiapkan dan menetapkan kebijakan dalam merespon segala perubahan termasuk generative AI melalui Center for Education and Learning in Economics and Business (CELEB) FEB UI.

“FEB UI sudah menjadi sekolah bisnis yang terakreditasi internasional yang sangat concern juga dengan generative AI yang semakin berkembang. Di FEB UI kami sudah meluncurkan dan juga membuat policy terkait dengan generative AI, sehingga sivitas akademika dapat memanfaatkannya secara etis dan bertanggung jawab,” kata Arief.

Hal ini ditempuh FEB UI agar sivitas akademika mumpuni dalam pemanfaatan generative AI. Tentunya melalui workshop tersebut, dapat dilakukan penguatan SDM dalam pemanfaatan AI yang beretika dan bertanggungjawab, dimulai dari tenaga pendidik.

“Dengan demikian SDM yang dipersiapkan FEB UI dapat memanfaatkan keunggulan generative AI secara optimal namun tetap beretika dan bertanggung jawab. FEB UI pun sudah melakukan benchmarking dengan universitas di dunia terkait dengan pemanfaatan AI,” katanya.

FEB UI memang secara konsisten membangun dan meningkatkan kualitas SDM termasuk dalam pemanfaatan kecerdasan buatan. Hal ini pun tak terlepas dari FEB UI yang merupakan bagian dari sekolah bisnis jaringan global yang sudah mendapatkan double crown accreditation.

Seperti diketahui, pada 2022 FEB UI memperbarui akreditasi Internasional Association of MBAs (AMBA) untuk program studi Magister Manajemen (MM FEB UI).  Selanjutnya, FEB UI telah pula memperoleh akreditasi internasional AACSB.

Dengan demikian FEB UI menjadi satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia penyandang ‘Double Crown’, yaitu tingkat tertinggi pengakuan internasional atas pendidikan tinggi sekolah bisnis (AACSB dan AMBA).

FEB UI saat ini tengah berupaya untuk menggapai
the third crown, yaitu EQUIS accreditation. Sehingga FEB UI bisa menjadi bagian dari 1 persen sekolah bisnis di dunia yang memiliki triple crown accreditation.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024