Ratusan lowongan pekerjaan dari sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha tersedia di gelaran bursa kerja SMK Jamiyatul Aulad Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Sedikitnya ada 250 lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan para pencari kerja sesuai dengan kemampuan atau keahliannya masing-masing," kata Kepala SMK Jamiyatul Aulad Palabuhanratu Andriayana di Sukabumi, Rabu.

Menurut Andriyana, bursa kerja yang dibuka selama dua hari yakni pada 7-8 Agustus ini merupakan kerjasama pihaknya dengan berbagai perusahaan swasta maupun BUMN yang tengah membutuhkan tenaga kerja. Adapun penempatannya baik di dalam maupun luar Sukabumi dan ada juga di luar negeri.

Bursa kerja ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis, sehingga siapapun bisa memanfaatkannya. Namun demikian, pihaknya meminta kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan bisa memprioritaskan warga Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini rutin dilakukan pihaknya khususnya saat masuk tahun ajaran baru atau setelah kelulusan tingkat SMA sederajat yang di mana jumlah pencari kerja meningkat karena tidak semua lulusan SMA/SMK yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tetapi mereka memilih untuk bekerja.

Selain itu, bursa kerja ini pun didukung oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi serta instansi lainnya. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warga Sukabumi yang tengah mencari kerja bisa memanfaatkan kegiatan tersebut.

"Bursa kerja merupakan salah satu kepedulian kami untuk membantu warga khususnya mereka yang baru lulus SMA/SMK yang memilih untuk bekerja 
atau tidak melanjutkan pendidikannya dengan tujuan untuk menekan jumlah pengangguran di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Andriyana mengingatkan para calon pencari kerja harus menyiapkan berbagai persyaratan yang nantinya diminta oleh perusahaan serta meningkatkan keahlian. Karena kemungkinan besar pencari kerja yang datang tidak hanya dari dalam Sukabumi, tentunya akan terjadi persaingan. 

Tidak hanya bursa kerja di jadwal yang sama pihaknya juga menggelar kegiatan lain seperti pelayanan pembuatan NIB dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), perekaman e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi, pengobatan gratis dari klinik Polres Sukabumi dan donor darah yang bekerja sama dengan RSUD Palabuhanratu.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024