Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Kota Depok dan Prudential Syariah bekerja sama mengambil peran dalam peningkatan Inklusi Syariah, untuk memastikan semua lapisan masyarakat memiliki akses dan bisa memanfaatkan layanan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Ketua PCNU KH. Achmad Solechan di Depok, Senin mengatakan saat ini era serba digital. Sama halnya dalam bisnis maupun transaksi keuangan juga banyak memanfaatkan teknologi.

Untuk itu, pihaknya mendorong  meningkatnya akses masyarakat ke berbagai layanan serta produk keuangan, seperti kredit, tabungan, asuransi, dan pembayaran.


"Kami siap mengambil peran dalam upaya memperkuat peningkatan Inklusi Syariah. Pada saat ini kami bekerja sama dengan Prudential Syariah, semoga ke depan bisa membawa manfaat bagi warga NU dan masyarakat umum," ujarnya seusai acara Silaturahmi dan Sosialisasi Kerja sama PCNU Kota Depok Dengan Prudential Syariah.

Achmad mengungkapkan perlu perencanaan dan perlindungan keuangan berbasis Syariah karena dengan perencanaan keuangan yang baik masyarakat maupun dalam bisnis akan merasakan manfaatnya.

Salah satunya, arus keluar dan masuk keuangan bisa diatur secara bijak, melindungi aset, tujuan individu maupun perusahaan bisa tercapai.

"Melalui inklusi syariah diharapkan mampu meningkatkan perekonomian.  Mengurangi ketimpangan ekonomi dengan pemerataan akses masyarakat terhadap layanan dan produk finansial. Begitu juga dengan perencanaan keuangan yang baik akan mencapai tujuan dengan baik. Apalagi, melalui produk syariah tidak hanya manfaat di dunia tapi juga di akhirat," katanya.

Sementara itu Sekretaris PCNU Kota Depok Ust. Hakim Muzayyan menjelaskan tentang tindak lanjut kerja sama dengan Prudential Syariah.

NU Depok siap menyosialisasikan program Prudential Syariah tersebut kepada masyarakat, karena secara hukum syariat sudah Syah dan diikuti masyarakat dan berbagai kalangan.

"Kerja sama ini sudah dilakukan dengan PBNU dan PWNU Jawa Barat. Intinya, masyarakat tidak anti dengan produk perbankan dan asuransi Syariah yang sudah terjamin keamanannya," ujarnya.

Menurut dia, NU Depok memiliki potensi yang besar dalam ekonomi dan keuangan. Pihaknya berharap program sosialisasi tersebut bisa diikuti  perusahaan lain baik yang BUMN atau swasta. 

"Baik perusahaan perbankan, asuransi syariah ataupun perusahaan jasa di bidang lain.  Bagaimana elemen-elemen masyarakat diberikan edukasi dan dilibatkan secara aktif soal kiprah, profil dan bidang kerja perusahaan tersebut," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024