Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) ikut aktif dalam melakukan diseminasi tentang kegawatdaruratan dan pelatihan tanggap darurat kebakaran di SMAN 1 Depok, Jawa Barat.

Kegiatan ini dibawah bimbingan salah seorang dosen FKM UI Dr. Robiana Modjo, S.K.M., M. Kes., sebagai kegiatan puncak dari intervensi dan sosialisasi Praktik Belajar Lapangan (PBL).

"Melalui sosialisasi dan pelatihan tanggap darurat kebakaran ini, siswa-siswi dapat memperoleh pengalaman baru dan meningkatkan respons kesiapsiagaan mereka apabila terjadi gempa bumi dan kebakaran," ujar Dr. Robiana di Depok, Jumat.

Baca juga: Mahasiswa FKM UI berikan penyuluhan tanggap darurat bencana di SMPN 4 Depok

Kegiatan ini dilakukan oleh Kelompok 6 PBL-1 Program Studi S-1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2021 dari FKM UI yang beranggotakan tujuh mahasiswa. Partisipannya adalah siswa-siswi kelas 10 dan 11 dengan total hampir 800 siswa.

Kegiatan dikemas dengan agenda sosialisasi gempa bumi yang disampaikan secara interaktif oleh mitra pelaksana, yaitu Nida Hanifah Nasir dan Devi Partina W, dari Unit Pelaksana Teknis K3L (UPT K3L) UI.

Selain diikuti oleh siswa, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh warga sekolah, seperti guru, petugas, dan staf sekolah.

Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan SMAN 1 Depok ini dimulai dengan tilawah Qur’an oleh salah seorang siswa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne SMAN 1 Depok.

Baca juga: Mahasiswa Departemen K3 FKM UI edukasi ergonomi siswa SMKN 2 Depok

Sementara itu untuk sosialisasi materi tanggap darurat kebakaran oleh Djoko Setiono, S.H., dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.

Kepala SMAN 1 Depok Usep Kasman, M.Pd mengatakan walaupun sekarang Kota Depok jauh dari bencana, tetapi kita harus tetap belajar bagaimana agar kita selamat dari bencana, termasuk di lingkungan sekolah.

Kegiatan juga diperkuat dengan demonstrasi penggunaan peralatan untuk memadamkan api, seperti APAR dan karung goni. Dengan antusias yang tinggi, beberapa siswa dan siswi mempraktikkan secara langsung penggunaan alat-alat tersebut.

"Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada mahasiswa K3 FKM UI karena telah memberikan kebermanfaatan untuk kami, SMAN 1 Kota Depok," ujar Kusuma Wardhana, S.Pd. Guru Geografi SMAN 1 Depok.

Baca juga: UI kerja sama dengan PT SMI kuatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ia menambahkan para siswa yang terlibat tidak hanya memperoleh pengetahuan baru yang relevan, tetapi juga terlibat dalam aktivitas yang interaktif dan menyenangkan.

Antusiasme ini tidak hanya meningkatkan efektivitas kegiatan, tetapi juga menciptakan pengalaman yang lebih berkesan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024