Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji meminta seluruh puskesmas yang ada di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, agar tetap beroperasi selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024.

"Untuk teknis pelayanan selama libur, pihak puskesmas bisa membuat jadwal piket harian, sehingga bisa tetap melayani warga yang membutuhkan pengobatan," katanya di Sukabumi, Minggu.

Menurut Kusmana, layanan kesehatan jangan sampai berhenti atau tidak beroperasi selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan yang membutuhkan pertolongan medis cepat.

Selain itu, dia juga telah mengunjungi sejumlah puskesmas seperti Puskesmas Pabuaran, Tipar, dan Baros untuk meninjau sarana prasarana serta layanan kesehatan.

Dia mengapresiasi puskesmas yang ada di wilayah Kota Sukabumi yang rata-rata sudah memiliki fasilitas lengkap, seperti Puskesmas Pabuaran yang memiliki fasilitas instalasi gawat darurat (IGD) .

"Semua puskesmas di Kota Sukabumi sudah lengkap, termasuk tenaga medisnya juga cukup. Namun, juga tetap harus memberikan layanan maksimal kepada warga," ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa dengan sarana prasarana yang dimiliki, Puskesmas Pabuaran saat ini bisa melayani masyarakat dari dua kelurahan yakni Nyomplong dan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong.

"Tentunya puskesmas ini harus menjadi bagi yang lainnya khususnya dalam hal pelayanan," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024