Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluncurkan program 'Sabda Alam' kependekan dari Siap bekerja datang melayani akta kelahiran dan kematian, sebagai upaya mempermudah pelayanan administrasi kependudukan di daerah itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan sudah menjadi kewajiban seluruh perangkat daerah di lingkup Pemkab Bekasi untuk selalu meningkatkan dan memperbarui pelayanan dasar kepada masyarakat melalui sejumlah inovasi yang dilakukan.

"Harapannya agar pelayanan dasar adminduk (administrasi kependudukan) kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan tahun 2024. Pelayanan tahun ini masih banyak berbentuk offline maupun door to door, mesti dioptimalkan dengan pelayanan digital juga, seperti pada program bertajuk Sabda Alam ini," katanya di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi buka layanan Pasar Central Lippo Cikarang

Dia mengatakan Sabda Alam merupakan upaya optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan secara daring oleh Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang masih dikombinasikan dengan pelayanan luring sampai nanti sudah betul-betul mampu daring keseluruhan.

"Pada prinsipnya masyarakat lebih mudah hanya dari rumah, layanan adminduk bisa selesai," katanya.

Menurut dia, apabila melihat karakter masyarakat Kabupaten Bekasi yang sangat beragam, berbagai pendekatan dan skema pelayanan harus terus dikombinasi. Hal demikian juga berlaku untuk pelayanan dasar administrasi kependudukan.

"Dan memang mesti butuh stamina, karena satu layanan kita mungkin belum bisa langsung diterima, lalu kita evaluasi, perbaiki. Inilah yang sudah dilakukan Disdukcapil dari waktu ke waktu," ucapnya.

Baca juga: Disdukcapil Bekasi buka layanan administrasi kependudukan di pusat perbelanjaan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi Carwinda mengatakan Sabda Alam merupakan upaya efisiensi waktu dan biaya serta kemudahan masyarakat untuk mengakses layanan administrasi kependudukan.

"Nantinya pelayanan ini akan bekerja sama dengan ojek online sebagai jasa yang mengantarkan," katanya.

Dia menyatakan kelebihan dari layanan Sabda Alam ini adalah memudahkan masyarakat mengajukan permohonan pelayanan di mana saja dan kapan saja, baik saat berada di rumah maupun sedang beraktivitas di luar rumah.

"Misalnya, nanti ada masyarakat yang sedang di tempat ini, kemudian tolong sampaikan ke sini, nah, itu bisa tersampaikan," katanya.

 

Carwinda mengaku mengenai administrasi laporan kelahiran serta kematian warga, mulai tahun ini hingga ke depan akan dimaksimalkan agar data kependudukan pencatatan sipil dapat terus mencatat proses mutasi.

"Nanti orang tekan tombol di aplikasi itu, nanti kemudian datang operator konfirmasi, warga tersebut di mana, kemudian masalahnya apa, nanti proses berkasnya dan langsung disampaikan," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023