Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung, Jawa Barat menganalisa sebab longsoran tebing di belokan curam Jalan Batutulis arah Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan dan segera melakukan perbaikan dengan target tanggal 10 Desember 2023.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim saat meninjau lokasi longsor, Rabu, mengatakan BTP bertanggung jawab atas longsor yang terjadi di belokan curam arah Cipaku tersebut.

"Kontraktor sedang menganalisis lebih lanjut terkait dengan penyebab terjadinya longsor, jadi kita tidak perlu khawatir teman-teman dari balai besar ini tentu akan bertanggungjawab dan bersama-sama dengan kontraktor juga akan melaksanakan langkah-langkah untuk rehabilitasi termasuk juga perbaikan dan pembangunan kembali," ungkap Dedie.

Baca juga: Petugas alihkan arus lalu lintas dampak longsor di Batutulis Bogor sejak Kamis sore
Baca juga: Tebing setinggi 25 meter di Jalan Raya Tajur Bogor Selatan longsor

Analisis sementara, kata Dedie, longsor diakibatkan dorongan air hujan yang deras pada Kamis (16/11) pukul 16.30 WIB di belokan tajam mbah Dalem menuju arah wilayah kelurahan Cipaku. Selain itu diduga ada mata air di dalamnya, sehingga membutuhkan perawatan agar tidak lagi menyebabkan longsor.

Belokan curam tersebut merupakan akses lalu lintas yang padat dari arah Selatan ke pusat Kota Bogor. Di bawah belokan curam itu juga terdapat Stasiun Batutulis.

"Jadi kalau kita lihat ini tidak ada hal yang istimewa hujannya memang hujan deras dengan insentitas yang sangat tinggi, kondisi situasi tanahnya juga sangat labil dan terjal," katanya.

Dedie optimistis peristiwa longsor yang dapat segera ditangani pada saat kejadian maupun proses analisis dan rehabilitasi yang sedang berjalan dapat memberikan ketepatan waktu penyelesaian perbaikan.

Baca juga: Bupati Bogor ingatkan warga tingkatkan kewaspadaan pada bencana

"Insya Allah tanggal 10 Desember kita akan uji coba kan kembali dan mudah-mudahan sudah aman ke depan, jadi ini perlu untuk disampaikan kepada masyarakat supaya masyarakat paham, kita bersama-sama melaksanakan langkah-langkah teknis perbaikan," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023