Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membuka pos pelayanan di Pasar Central Lippo Cikarang untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.

Kepala Kantor Pusat Pelayanan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Samsat Kabupaten Bekasi Mochamad Fajar Ginanjar mengatakan pos pelayanan ini merupakan bagian dari program Samling atau Samsat keliling atas kerja sama dengan manajemen Pasar Central Lippo Cikarang.

"Samling kini hadir di area parkir barat Pasar Central Lippo Cikarang setiap Kamis pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB," katanya di Cikarang, Senin.

Baca juga: Samsat Kabupaten Bekasi perpanjang program bebas bea balik nama dan diskon pajak kendaraan

Dia mengatakan pemohon yang hendak mengajukan pelayanan pajak kendaraan bermotor melalui pos Pasar Central Lippo Cikarang ini cukup membawa kartu tanda penduduk elektronik, surat tanda nomor kendaraan, dan buku pemilik kendaraan bermotor asli, serta melampirkan dokumen salinan.

Fajar mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan di pos ini mengingat lokasi yang relatif mudah dijangkau terlebih bagi warga wilayah selatan Kabupaten Bekasi.

"Karena tujuan pelayanan ini memang memberikan kemudahan dalam membayar pajak kendaraan yang juga sekaligus menjadi kewajiban kepada Negara untuk membiayai pembangunan sehingga manfaatnya dapat dirasakan kembali oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: Samsat Kabupaten Bekasi ajak ojek daring bayar pajak

Ketua Tim Pendataan dan Penetapan pada Kantor Samsat Kabupaten Bekasi Cecep Mulyana mengatakan pos pelayanan Pasar Central Lippo Cikarang ini menggantikan gerai serupa yang sebelumnya dibuka di pertokoan Mitra 10, Jalan KH. Raden Ma'mun Nawawi.

"Sekarang hadir di Pasar Central Lippo Cikarang ini karena kami ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan taat membayar pajak, berarti kita turut membiayai pembangunan di Kabupaten Bekasi," katanya.

Sementara itu, Manajemen Pasar Central Lippo Cikarang Ubaidillah berharap keneradaan pos Samsat ini mampu memberikan kontribusi terhadap penerimaan Negara dari sektor pajak kendaraan bermotor melalui kemudahan pelayanan yang diberikan.

Baca juga: Samsat Bekasi buka lantatur permudah masyarakat bayar PKB

"Ini merupakan hasil kolaborasi kami dengan Samsat Kabupaten Bekasi dalam memberikan pelayanan publik agar masyarakat dapat lebih dekat dengan pelayanan pajak kendaraan bermotor sekaligus mencari kebutuhan sehari-hari di Pasar Central Lippo Cikarang," katanya.

Ia menambahkan area parkir barat merupakan lokasi strategis yang memudahkan masyarakat menemukan lokasi pos pelayanan tersebut.

"Kami juga mengajal masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor demi pembiayaan pembangunan," demikian Ubaidilah.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023