Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta warga, khususnya para peserta Pemilu 2024 tidak memanfaatkan tempat ibadah untuk menjalankan aktivitas politik praktis.

"Dalam bentuk pertemuan apapun, tempat ibadah tidak boleh dijadikan sebagai tempat aktivitas berpolitik praktis," kata Ketua Bawaslu Karawang, Engkus Kusnadi, di Karawang, Kamis.

Selain tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, larangan tempat ibadah dijadikan tempat aktivitas politik praktis supaya tidak menjadi tempat persaingan antarparpol.

Baca juga: Bawaslu Karawang awasi persyaratan bacaleg sebelum ditetapkan DCT

Ia menyebutkan larangan mengenai aktivitas kampanye di tempat ibadah itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Berdasarkan dengan ketentuan perundang-undangan tersebut, kegiatan kampanye atau aktivitas politik praktis di tempat ibadah bisa terkena sanksi pidana.

Atas hal itu pula Bawaslu Karawang mengingatkan sekaligus mengimbau agar semua pihak tidak melakukan aktivitas politik praktis, utamanya yang mengarah terhadap dukungan atau kampanye terkait Pemilu 2024 di tempat ibadah.

Baca juga: Bawaslu sebut Bupati Karawang telah mengajukan pengunduran diri sejak Mei 2023

"Kami perlu menyampaikan imbauan, karena di Karawang ini memang sudah ada kegiatan-kegiatan politik praktis di tempat ibadah. Jadi kami mengingatkan agar para peserta Pemilu tidak memanfaatkan tempat ibadah untuk berpolitik praktis, meski tahapan kampanye pemilu belum dimulai," kata dia.

Ia berharap para peserta Pemilu menahan diri untuk tidak berpolitik praktis di tempat ibadah dan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Karawang sebelumnya telah menetapkan 692 orang bakal calon legislatif masuk dalam daftar calon sementara (DCS) DPRD Kabupaten Karawang untuk Pemilihan Umum 2024.

Baca juga: Bawaslu Karawang sampaikan ratusan saran perbaikan data pemilih pemilu 2024 ke KPU

Dari 692 bakal calon legislatif yang masuk DCS Pemilu 2024, sebanyak 444 orang di antaranya laki-laki, dan perempuan sebanyak 248 orang.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023