Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menanggapi pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo alias Jokowi tentang menjaga kondusifitas di tahun politik mengisyaratkan bahwa tahun politik itu bukan perang.

"Kita sudah masuk tahun politik. 14 Februari 2024, bukan perang antara pak Ganjar Pranowo, Prabowo subianto, dan pak Anies Baswedan, bukan juga perang antar parpol," ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Rudy menyebutkan, tahun politik 2024 bukanlah peperangan antara calon presiden (Capres), namun upaya menciptakan demokrasi yang lebih baik.

Baca juga: DPRD Bogor undang driver ojol dengarkan pidato kenegaraan Jokowi

"Ini perang ide dan gagasan membangun bangsa ini ke depan, karena itu kita jaga kondusifitas pemilu bersama-sama," kata Rudy.

Ia meminta para tim sukses, relawan, hingga kontestan Pemilu 2024, agar mampu menjaga kondusifitas pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Maka kita tunjukkan pesta demokrasi 2024 adalah pesta rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Bogor," tutup Rudy.

Baca juga: DPRD Bogor segera usulkan sejumlah nama kepada Kemendagri untuk jadi Pj Bupati

Agenda mendengarkan pidato kenegaraan itu dikemas oleh DPRD Kabupaten Bogor dalam rapat paripurna istimewa yang berlangsung pada Rabu, 16 Agustus 2023. Rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bogor dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78 dikemas meriah.

Selain dihadiri para pejabat Forkopimda dan Kepala SKPD, Sekretariat DPRD juga mengundang perwakilan ormas, OKP, hingga Bacaleg dari semua partai politik peserta pemilu 2024.

Agenda utama rapat paripurna tersebut adalah mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dari gedung MPR.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ingatkan Plt Bupati jaga sektor pertanian saat ubah tata ruang

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyampaikan Indonesia memiliki momentum yang baik menuju Indonesia emas 2045.

Bonus demografi yang mulai dirasai pada 2030 an harus dikelola dengan baik dengan melakukan berbagai upaya untuk menuju Indonesia Maju. (KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023